Vito Siagian, COC Auto Gymkhana Yang Tegas & Disegani

Kamis, 21/11/2019 01:12 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Vito Siagian, siapa tak kenal nama itu di ajang MLDSpot Auto Gymkhana Kejurnas Slalom? Vito adalah jaminan sukses event auto gymkhana (baca : slalom) di Indonesia.

Terbaru, pria asal Lubuk Linggau, Sumatera Selatan berusia 56 tahun ini kembali dipercaya menjadi CoC (Clerk of The Course) kejurnas slalom di Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (23/11/2019) lusa.

Seminggu setelahnya, pria berpostur tegap dan gempal ini kembali dipercaya sebagai komandan di trek balap event slalom bertajuk Muba Asia Auto Gymkhana Cup (MAAGC) di Skyland International Circuit, Muba, Sumatera Selatan, Minggu (1/12/2019).

Lalu, siapa sebenarnya Vito yang dikenal sebagai sosok tegas namun tetap ramah ini?

Mengenal slalom sejak tahun 1988 di Palembang, secara khusus tidak pernah menjadi peslalom karena memang dimulai dari menjadi penyelenggara event balap.

Setelah hijrah ke Jakarta tahun 1992 justru meninggalkan dunia otomotif.

"Baru kembali lagi ke dunia otomotif tahun 2001 dengan menjadi zero car pada Kejurnas Rally di Palembang dan menjadi bagian dari RC (Racing Committe. Tahun 2004 kembali ke dunia Slalom dengan mulai kembali menjadi Steward di kejurnas Slalom," tutur ayah dua anak ini.

Seterusnya, pada saat Genta Auto&Sport yang dikomandani mendiang Tjahyadi Gunawan mulai menjadi promotor nasional Slalom, dipercaya menjadi license officer dulu.

Sampai akhirnya pada 2013 dipercaya menjadi COC, baik untuk event kejurnas maupun event tingkat internasional seperti AAGC (Asia Auto Gymkhana Championship).

"Sebagai COC, saya dan team RC berpendapat bahwa kita ini adalah pelayan dari para peserta yang telah mengeluarkan sejumlah uang dan telah memenuhi kewajiban non teknis lainnya seperti memiliki KTA dan KIS untuk memberikan kenyamanan bagi mereka dalam berkompetisi," ungkap Vito Siagian.

Dengan begitu, lanjut Vito, tentunya mereka harus merasa COC dan team RC adalah team yang fair dan tidak memihak serta tidak tunduk kepada siapapun.

"Kita hanya tunduk kepada aturan yang dikeluarkan oleh IMI Pusat. Sehingga dalam bekerja kita dan peserta sama-sama merasa nyaman," begitu kiat Vito dalam memimpin sebuah event slalom.

Kendati begitu, sejatinya ada beberapa cabang olahraga otomotif yang pernah diikuti Vito seperti rally sebagai navigator, off-road dan time rally di masa lalu. (bs)
 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag