Mengenal Teknologi Ovenless Karya Auto2000 Body & Paint Balikpapan

Jum'at, 29/11/2019 18:06 WIB

mobilinanews (Balikpapan) - Bengkel Auto2000 Body & Paint (BP) Balikpapan, Kalimantan Timur memperkenalkan sebuah inovasi terkait perawatan body dan cat. Teknologi ini diberi nama Ovenless dengan sistem kerja yang sangat berbeda dengan sistem oven seperti yang dipakai bengkel body repair kebanyakan.  

Meski demikian, hasil akhir dari pengerjaan ovenless justru jauh lebih baik dan jauh lebih efisien dari sisi biaya perawatan alat, serta hemat penggunaan listrik, sehingga membuat budget konsumen juga bisa lebih ditekan. Dengan kata lain perawatan body dan cat di Auto2000 BP Balikpapan jauh lebih murah. 

"Fasilitas ovenless ini sudah distandarisasi oleh Toyota Astra Motor (TAM). Kenapa bisa lebih murah ketimbang model modern, karena filtrasinya kita pakai air. Makanya biayanya sangat murah. Di ovenless ini kita pakai 2 stall dan 2 orang teknisi yang multi skill. Mereka bisa melakukan perbaikan dari awal sampai akhir finishing," kata Wahju Prajitno, Service Manager Auto2000 BP Balikpapan, saat ditemui di bengkel BP Balikpapan, Kamis (28/11). 

Untuk soal pengecatan, hasil akhir ovenless diklaim lebih glossy dibanding cat/warna awal mobil. "Berapa persen seperti awal/baru, ini sudah di cek dan diuji langsung sama TAM (Toyota Astra Motor). Itu level glossynya lebih bagus. Glossy keluaran pabrik itu ada diangka 85 persen. Sedangkan menggunakan alat ini dengan skema SOP kita itu diangka 95 persen. secara level glossy ini lebih bagus dibanding saat mobil baru," lanjut Wahju.  

Proses pengerjaan lebih cepat

Keunggulan lain dari teknologi ovenless adalah waktu pengerjaan yang jauh lebih singkat. Hal ini dikarenakan penggunaan cat khusus ovenless yang berbeda dengan cat bakar yang biasa digunakan. 

"Kalau mobil dari pabrikan itu pakai bahan cat bakar, kalau disini kita nggak pakai cat bakar, karena kalau pakai cat bakar material plastik harus dilepas dulu. Karena cat bakar itu bagusnya saat temperatur di atas 180 derajat. Efeknya material plastik bakal meleleh. Itu makanya kita tidak pakai cat bakar. Dan pengeringan kita nggak pakai oven, pengeringan pakai oven itu 45 menit, sedangkan pakai alat ini (ovenless) 15 menit udah bisa dipoles," terang Wahju. 

Wahju menambahkan, sistem ovenless ini bisa menghasilkan hasil pengerjaan maksimal dengan memastikan beberapa indikator. "Cahaya lampu diatas 1000 lumen, temperatur harus nyaman agar orang bisa bekerja di dalam, lebih kurang di angka 31 -33 derajat. Kelembaban standarnya 67 persen."

"Dari semua poin itu harus sesuai standar APM. Kalau cuma bikin kaya gini sebenarnya gampang, yang susah itu memastikan semua item-item tadi," beber Wahju. 

Sekedar informasi, pengembangan teknologi ovenless ini membuat Auto2000 Balikpapan mendapatkan beragam penghargaan dari Toyota Astra Motor (TAM) sejak tahun 2016, 2017, dan 2018 untuk kategori Best Kaizen dan Best Innovation atas implementasi ovenless di Balikpapan. Tak hanya itu, implementasi ovenless juga berhasil menyabet penghargaan untuk regional Asia Pacific. 

Seperti yang dikatakan oleh Royen, selaku Operation Manager Auto2000 Wilayah Kalimantan Bali dan Nusa Tenggara, teknologi Ovenless memang layak mendapat predikat membanggakan tersebut. "Ovenless ini teknologi yang sangat aplikatif, layak mendapat predikat The Most Excellence Award tingkat Asia Pacific," tukasnya. 

Kedepannya fasilitas ovenless ini rencananya akan diimplemetasikan juga di cabang-cabang Auto2000 lainnya.  (adr) 

 

 

 

 

 

TERKINI
Motor Benelli Leoncino 250 Dijual Nyaris Seharga Motor 155 Cc, Harga Mulai Rp30 Jutaan! AC Mobil Tidak Dingin, Coba Lakukan 6 Cara Ini Agar Temperatur Suhu Dalam Mobil Tetap Stabil! Volta Ikut Hadir Meriahkan PEVS 2024 Dengan Luncurkan Warna Baru Tipe Mandala, Brilliant White dan Yellow! ALVA Umumkan Kerjasama dengan Bank BPD Bali, Permudah Elektrifikasi di Linkungan ASN Pulau Dewata