Didukung Pemerintah RI, Grab Gandeng Produsen Otomotif Uji Coba Kendaraan Listrik

Selasa, 17/12/2019 09:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Grab dan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi belum lama ini meluncurkan Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik (EV Ecosystem Roadmap). 

Tujuannya untuk mempercepat adopsi EV di Indonesia dan mewujudkan jaringan transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Sebagai bagian dari rencana ini, Grab mengumumkan kerja sama dengan produsen mobil Hyundai, Astra Honda Motor (AHM) dan Gesits untuk meluncurkan uji coba kendaraan listrik berupa mobil dan motor di wilayah Jabodetabek. 

Uji coba ini sejalan dengan komitmen yang dibuat oleh SoftBank dan Grab pada bulan Juli lalu, di mana SoftBank menginvestasikan US$ 2 miliar ke Indonesia, melalui Grab.

Yang ditujukan untuk membangun ekosistem EV Indonesia dan untuk mendukung tujuan pemerintah mencapai 2 juta unit kendaraan listrik pada tahun 2025.

“EV Ecosystem Roadmap memungkinkan Grab dan Pemerintah Indonesia untuk mempersiapkan dan mendorong kemajuan Indonesia dalam memenuhi target EV dan memperkuat posisinya sebagai pemimpin EV di Indonesia dan Asia Tenggara,” ujar Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia mengatakan,

Menurutnya, upaya bersama ini juga sejalan dengan komitmen Grab untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur digital di Indonesia.

“Juga akan membantu kami untuk menghadirkan solusi yang memberikan efisiensi biaya transportasi dan mendorong lebih banyak orang untuk mengadopsi EV, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai negara lainnya," tambahnya.

Dalam peluncuran EV Ecosystem Roadmap di Jakarta pada hari Jumat, 13 Desember, juga hadir Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi; Bambang Brodjonegoro, Menteri Riset, Teknologi, dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional dan Dr. Hammam Riza, M.Sc. (IPU), Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Turut hadir juga Ir. Bambang Adi Winarso, M.Sc. Ph.D, Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian; Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia; Dody Widodo, Staf Ahli bidang Pendalaman, Penguatan dan Penyebaran Industri, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Serta Prof. Dr. Widodo Muktiyo, SE. M.Com, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia; Supangkat Iwan Santoso, Direktur Regional, PT PLN (Persero).

Dari perwakilan industri otomotif diantaranya Yoon Seok Choi, President Director of Hyundai Motor Manufacturing Indonesia; Kurniawati Slamet, Division Head Overseas Business, PT Astra Honda Motor, dan Ade Sulistyoputra, Director of PT Gesits Technologies Indonesia serta mitra strategis lainnya. (anto)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda