Pasca Cuci Gudang Sisa Stok, Pasaran Mobil Bekas Chevrolet Trax Menurun

Minggu, 22/12/2019 20:50 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Jelang penutupan tahun 2019, General Motors (GM) menghentikan penjualan mobil baru Chevrolet untuk pasar Indonesia. 

Situs jual beli OLX merilis, keputusan Chevrolet untuk hengkang per Maret 2020 ini diprediksi akan mengubah transaksi mobil Chevrolet baik di pasar mobil baru maupun bekas. 

Salah satunya terjadi pada model terpopuler, yakni Chevrolet Trax. Dimana pasca cuci gudang sisa stok setelah pengumuman hengkang, pasaran mobil bekasnya menurun. 

Tipe ini mengalami peningkatan suplai yang cukup signifikan, yaitu sebesar 46% di bulan November 2019 dibandingkan suplai di bulan sebelumnya. 

Peningkatan suplai ini berdampak pada penurunan rata-rata harga Chevrolet Trax sekitar 11% dari Rp 209 juta pada Oktober 2019 menjadi Rp 186 juta pada November 2019. 

Sementara itu, jumlah permintaan mengalami peningkatan sebesar 3% dan masih relatif lebih tinggi dari suplai Trax di platform OLX. 

Data yang berbeda ditunjukkan oleh Chevrolet Captiva. Baik suplai maupun permintaan dari calon pembeli mengalami penurunan, masing-masing sebesar 8% dan 45% di November 2019 dibandingkan data bulan Oktober 2019. 

Dibandingkan dengan harga Chevrolet Captiva hanya terjadi penurunan sebesar 1% dari Rp 236 juta di Oktober 2019 menjadi Rp 233 juta di November 2019. 

Meski secara umum keadaan masih relatif stabil hingga satu bulan setelah pengumuman tersebut, harga dan permintaan mobil bekas Chevrolet masih bisa mengalami perubahan, yang dipengaruhi berbagai faktor. 

Diantaranya layanan purnajual yang ditawarkan oleh authorized dealer seperti perawatan, perbaikan hingga ketersediaan suku cadang. 

“Nantinya, hal ini juga mempengaruhi jumlah listing mobil Chevrolet di OLX, seiring dengan pergerakan preferensi konsumen,” jelas Ivo Wassenaar, Head of Automotive OLX Indonesia.

Bisa jadi nama besar Chevrolet dan jaminan layanan purna jual pasca hengkang menjadi keyakinan para penggemar merek asal Amerika Serikat ini yang membuat permintaan Trax meningkat. (anto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap