Demi Mengejar Performa, Toyota GR Yaris 2020 Dibuat Lebih Ringan

Kamis, 26/12/2019 19:40 WIB

mobilinanews (Jepang) - Meski belum resmi diluncurkan, Toyota GR Yaris keluaran 2020 kemungkinan besar akan dilengkapi versi/varian dengan bobot lebih ringan dan lebih kuat.

Dari beberapa sumber yang dihimpun, Gazoo Racing yang mengembangkan GR Yaris membenarkan bahwa serangkaian tindakan telah dikerjakan demi mengurangi bobot dari mobil ini.

Hal ini juga dibenarkan oleh Chief Engineer Gazoo Racing, Naohiko Saito yang mengkonfirmasi rencana Gazoo membuat GR Yaris dengan bobot lebih ringan namun lebih kuat.

"Di waktu yang akan datang, mungkin kita bisa," kata Saito.

Tentunya sangat masuk akal mengingat saat ini GR Yaris sudah dilengkapi dengan batang aluminium ringan, pintu belakang, dan pintu samping, serta atap serat karbon.

Saito juga menambahkan bahwa ia dan timnya sedang melakukan studi kelayakan pada pengembangan tubuh serat karbon di GR Yaris.

Tidak mengherankan, body yang begitu mahal tidak diberi lampu hijau untuk produksi, tetapi produsen mobil Jepang dapat menggunakan beberapa panel karbon yang dikembangkannya untuk versi GRMN yang dibuat terbatas.

Untuk urusan dapur pacu, GR Yaris menggunakan mesin tiga silinder 1.6 liter turbocharged yang menghasilkan lebih dari 247 HP dan torsi 258 lb-ft (350 Nm).

Mesin ini juga memungkinkan untuk dimodifikasi hingga kurang lebih 300 HP dan 295 lb-ft (400 Nm), sehingga menempatkannya untuk bersanding dengan Honda Civic Type R. (adr)

TERKINI
GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Riding Clan of Classy, Ekspresikan Anak Muda Pengguna Yamaha Fazzio Hybrid di Surakarta Tekiro Adakan Servis Gratis di Kampus ITS Surabaya, Incar Terpelajar