Menhub Himbau Kelaikan Bus Pariwisata Diperhatikan Selama Libur Nataru 2019

Jum'at, 27/12/2019 08:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meminta seluruh stakeholder untuk berkoordinasi untuk melancarkan penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019.

Dalam acara Pembukaan Posko Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Kementerian Perhubungan, Jakarta (19/12/2019), Budi Karya menyebut, yang menjadi perhatian adalah terkait kelaikan bus-bus Pariwisata. 

Menurut Menhub, pengawasan bus-bus pariwisata tidak mudah dilakukan karena memiliki banyak pool yang tersebar. 

Untuk itu, Menhub telah berkoordinasi dengan Polri bersama Dinas Perhubungan di daerah agar dilakukan random check terhadap bus-bus pariwisata yang tidak laik.

Atau jika belum dilakukan ramp check, untuk kemudian dilakukan law enforcement dan penertiban. Menhub juga meminta untuk disiapkan subsitusi dengan beberapa bus di tempat-tempat tertentu.

“Kami minta pemilik bus pariwisata melakukan self ramp check atau pengecekan mandiri, misalnya mengecek kondisi ban, mesin, dan hal penting lainnya,” ujar Budi Karya. 

Menhub juga meminta masyarakat juga agar memilih bus pariwisata yang telah berstiker rampcheck di bagian depan bus. Ini dilakukan untuk menjaga aspek keselamatan.

Menhub juga mengimbau agar masyarakat tidak lagi melakukan perjalanan keluar kota dengan motor dan beralih menggunakan bus atau kereta api. 

“Kami juga terus berkoordinasi dengan Polri untuk melakukan imbauan dan pelarangan kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor,” ujarnya.

Karena menurutnya, sangat rentan mengalami kecelakaan dan 70% angka kecelakaan merupakan kecelakaan motor. 

Sebagai upaya untuk menurunkan jumlah sepeda motor, Kemenhub telah menggelar program Mudik Gratis sebanyak 55 bus bagi 2.475 penumpang dengan tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. 

Selain itu, Menhub juga mengatakan bahwa angka penjualan tiket kereta api baru mencapai 57%, jadi masyarakat bisa memanfaatkan angkutan massal yang masih tersisa. (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag