Kontroversi Mobil Dinas Jeep Rubicon Bupati Karanganyar Yuliyatmono

Sabtu, 28/12/2019 23:06 WIB

mobilinanews (Karanganyar) - Sempat jadi polemik, Bupati Karanganyar (Jawa Tengah) Juliyatmono tetap memakai fasilitas mobil dinas baru, Jeep Wrangler Rubicon seharga Rp 1,9 miliar. 

Mobil berwarna orange yang dibeli dengan uang rakyat tersebut telah datang ke rumah dinasnya dan dipasang plat nomor merah AD 1 F.

Juliyatmono yang menjajal jip 2 pintu buatan Amerika Serikat tersebut nampak sumringah.

Mobil bermesin 2.000 cc tersebut tiba di rumah dinas bupati pada Selasa (24 /12/3018)  dan kata Juliyatmono akan digunakan sesuai kebutuhan, terlebih wilayah kabupaten Karanganyar yang dinilai pas dengan menggunakan Rubicon.

"Ini memang mobil tipe off road, cocok kalau naik gunung dan ke mana mana sesuai. Dan pakai mobil dinas Rubicon tidak melanggar peraturan kok," ujar Juliyatmono kepada wartawan, Kamis (26/12/2019).

Yuliyatmono menambahkan, mobil dinas baru dengan mesin otomatis tersebut tidak banyak membutuhkan perawatan khusus. 

Apalagi masih baru dibeli dari dealer. Mobil tersebut, layak digunakan untuk medan-medan terjal.

"Nanti kita coba di Waduk Jlantah, Jatiyoso, di Segorogunung. Tadi saya coba sendiri, ya hanya muter-muter rumah," kata Pak Bupati yang memang mengidam idamkan tipe mobil seperti Rubicon sejak dulu.

Terkait pemilihan warna orange, Juliyatmono beralasan kelir tersebut merupakan warna yang paling banyak diminta pembeli.

"Warnanya yang ada ini sih.Ternyata warna orange katanya yang paling best seller," terangnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Badan Keuangan (BKD) Kabupaten Karanganyar, Narimo menyatakan, Pemkab menganggarkan Rp2,1 miliar untuk membeli mobil dinas baru. Uang sebesar itu dianggarkan melalui APBD Perubahan. 

Namun sesuai hasil lelang mobil mewah tersebut dibeli dengan harga Rp1,989 miliar.

"Rubicon dipilih karena kondisi geografis Kabupaten Karanganyar yang merupakan gunung dan perbukitan. Banyak lokasi yang harus ditempuh lewat tanjakan dan turunan tajam," ujar Narimo. (bs)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap