Rossi - Quartararo Tukar Tunggangan di 2021, Atau Duet Baru Yamaha?

Sabtu, 04/01/2020 21:53 WIB

mobilinanews (Italia) - Musim kompetisi MotoGP 2020 belum mulai. Tapi, formasi pembalap untuk 2021 sudah mulai panas. "Beda dari sebelumnya, sayangnya kali ini bursa pembalap dibuka dari jauh hari," kata Valentino Rossi, salah satu pembalap papan atas yang berpengaruh pada gejolak bursa 2021.

Habis kontrak di ujung musim 2020, posisi The Doctor sama sekali tak punya kepastian bertahan di Yamaha pada 2021. Seperti ia katakan sebelumnya, itu tergantung pada hasil balapan di beberapa race awal. Jika masih buruk, saatnya pensiun.

Jika demikian maka Yamaha tak perlu bingung menetapkan line up 2021. Tinggal mencomot Quartararo dari tim satelit Petronas Yamaha SRT menjadi tandem Maverick Vinales. Sementara Rossi dikabarkan punya pilihan tetap berkarir di MotoGP lewat tim satelit Petronas karena pada dasarnya punya motor dengan spek yang sama.

Rossi sendiri bilang tak keberatan main lewat tim satelit pada 2021 jika komposisi pembalap harus demikian.

"Saya tentu memilih bertahan di tempat sekarang. Tapi, kami punya tiga pembalap untuk dua posisi. Harus dicarikan tempat ketiga. Buat saya tak masalah pindah ke Petronas, tak akan banyak perubahan," katanya, dikutip dari media Italia Gazetta dello Sport.

"Tapi, bisa saja Maverick pergi pada 2021 atau Fabio ganti motor lain. Itu mungkin saja, siapa tahu!" imbuhnya.

Ya, bisa saja, karena bukan rahasia lagi kalau Ducati memang incar Vinales untuk 2021. Lobi untuk itu konon sudah dimainkan saat musim 2019 bergulir. Jika benar maka Yamaha akan gandengkan Rossi dengan Quartararo, terlepas dari prestasi The Doctor karena ia masih menjadi magnet Yamaha di pasar komersial.

Di lain pihak, Quartararo pun diincar tim lain. Selain Ducati, LCR Honda juga dikabarkan tertarik untuk mengantisipasi pensiunnya Cal Cructhlow yang mulai ingin lebih banyak di rumah bersama putri kecilnya.

Memang tak mudah buat Yamaha ngecak line up 2021, terutama karena keinginan mempromosikan Quartararo ke tim pabrikan. Bisa saja semuanya baru akan jelas pada pertengahan musim. Saat kemampuan terkini masing-masing pembalap terbukti di lintasan.

"Perlu waktu memahami semuanya. Sekitar pertengahan tahun ini saya akan bicara dengan Lin Jarvis (bos tim Yamaha) dan Yamaha untuk mengetahui apa yang mereka pikirkan," lanjut Rossi.

Dengan perkembangan baru ini maka kini Rossi punya tiga opsi. Bertahan di Yamaha jika masih kompetitif di zona podium, benar-benar pensiun, atau main di tim satelit demi karir yang lebih panjang. (rnp)

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag