Bebas `Mencuri` Data dan Rahasia Marquez, Target Alex Terbilang Cemen

Sabtu, 04/01/2020 23:04 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Sebagai rookie MotoGP di musim 2020, persiapan Alex Marquez bisa disebut ringan. Hanya perlu membangun kepercayaan diri di atas Honda RC213V. Sisanya menjadi urusan sang kakak, Marc Marquez.

Meski bersaudara dalam satu tim di Repsol Honda, Alex menjamin akan bersikap profesional karena ia dan Marquez sama-sam punya tim tersendiri dan bekerja dengan cara masing-masing.

"Tapi, memang tak bisa dipungkiri, saya punya keuntungan sendiri berdampingan dengan pemegang 6 gelar juara MotoGP yang notabene saudara sendiri. Saya bisa lihat data miliknya dan `mencuri` rahasia mengendarai RC213V," kata Alex yang naik ke MotoGP setelah juara di Moto2 tahun lalu.

Kebebasan itu, katanya, akan sangat membantunya dalam pemahaman karakter motor dan mempercepat adaptasinya. Tentu tak semua ilmu Marquez bisa ia terapkan karena postur badan dan riding style yang berbeda. Setidaknya Marquez akan ikhlas buka rahasia bagaimana menjinakkan RC213V yang selama ini hanya dia pembesut Honda yang bisa lakukan.

"Saya pasti menerima banyak bimbingan darinya. Akan saya pelajari dan terapkan sebanyak yang bisa dilakukan," lanjut Alex.

Ironisnya, dengan keuntungan yang sangat besar itu plus motor terbaik di grid MotoGP saat ini, target Alex terbilang sangat sederhana. ABG sekarang bilang cemen. Ia hanya berani membidik gelar 2020 Rookie of the Year. Pasalnya, lawan Alex berebut trofi rookie terbaik hanya 2 orang dan berasal dari tim yang bukan unggulan.

Mereka adalah Brad Binder dari pabrikan KTM dan Iker Lecuona dari dari tim satelit Tech3 KTM. Dari sudut teknis mana pun diprediksi akan mudah buat Alex mengalahkan mereka. Kenapa tak berani menyamai atau melebihi prestasi Fabio Quartararo yang tak hanya rookie terbaik tapi juga mampu mencapai 5 Besar klasemen akhir 2019?

"Target posisi atau semacamnya belum bisa diprediksi saat ini. Mungkin setelah race pertama di Qatar kami bisa nilai posisi sesungguhnya dan menetapkan langkah berikutnya."

Sensasi Quartararo menjadi salah satu daya pikat musim 2019. Mari berharap saja Alex juga jalani hal yang sama dalam debutnya, agar MotoGP tetap memikat sebagai ajang kompetisi dan hiburan. (rnp)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag