Balik ke Kancah WRC, Kimi Raikkonen Incar Juara Dunia

Sabtu, 04/01/2020 23:54 WIB

mobilinanews (Finlandia) - Kimi Raikkonen pastikan 2020 adalah musim terakhirnya di kancah F1.

Juara dunia F1 2007 (Ferrari) asal Finlandia itu menuju destinasi selanjutnya kejuaraan reli dunia, World Rally Championship, dengan target ambisius: juara dunia.

"Itu ambisi yang sangat menantang, sangat berbeda. Jika terwujud menjadi satu-satunya yang menyandingkan juara F1 dengan WRC," kata Kimi yang berjuluk The Iceman di kancah motorsport.

Sejatinya Kimi memang anak F1 dengan karir yang panjang, sejak 2001 kala berumur 22 tahun.

Mantan pembalap tim McLaren dan Ferrari ini akan mengakhiri karir F1-nya dengan tim Alfa Romeo pada tahun ini dalam usia 40 tahun.

Meski begitu, reli mobil bukanlah hal baru buat Kimi sebagaimana halnya kebanyakan anak muda Finlandia. Ia sempat main di kancah WRC pada musim 2010 dan 2011 dengan besutan Citroen.

Saat itu sebenarnya Kimi masih terikat kontrak di Ferrari pada musim 2010. Tapi, pada akhir musim 2009 kontraknya diputus untuk menampung Fernando Alonso yang datang dengan sponsor raksasa Santander.

Kali pertama Kimi ikut reli dunia terjadi pada 2009, khusus di event Reli Finlandia dengan besutan Fiat yang disiapkan sang legenda reli asal Finlandia, Tommi Makinen, yang saat ini memimpin tim Toyota di WRC. Sayang ia retire, tapi langsung jatuh hati pada reli.

Musim 2010 ia tampil full sebagai pereli regular Citroen Junior Team dengan hasil akhir posisi 10 Besar klasemen.

Tahun 2011 ia membentuk tim sendiri bernama ICE 1 Racing, masih menggeber Citroen, dengan hasil akhir juga 10 Besar klasemen dunia.

Tak pernah menjadi juara seri tapi sempat mencicipi juara di special stage. Hasil terbaiknya finish di peringkat 5, di Reli Turki 2010.

Ia balik lagi ke F1 pada 2012 lewat tim Lotus dan selanjutny ke Ferrari lagi.

Kimi sangat bergairah kembali ke WRC pada 2021.

"Juara dunia WRC akan terasa lebih istimewa ketimbang F1. Belum ada yang bisa menyandingkan kedua gelar prestisius ini," katanya.

Dalam sejarahnya memang tak banyak pembalap F1 yang menceburkan diri ke WRC. Kimi adalah oarang kedua setelah Carlos Reutemann yang bisa mencatatkan poin di F1 maupun WRC. (rnp)

 

TERKINI
Halal bi Halal Nissan Terrano Club Sumbar Diselingi Mini Adventure Offroad Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024