Orang Kaya Afrika Borong 10.000 Mobil Serbaguna AMMDes

Selasa, 07/01/2020 09:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Mobil serbaguna untuk pedesaan buatan Indonesia, yakni Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) rupanya menarik minat salah satu orang kaya Afrika yang akan memborongnya sebanyak 10.000 unit untuk dipasarkan ke Nigeria.

Dikutip dari Kompas.com, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Industri Putu Juli Ardika menyebut, pembelian mobil AMMDes ini melalui perusahaan Dangote Group milik Aliko Dangote, miliader asal Afrika.

"Jadi Dangote Group itu dia sangat berminat untuk melakukan impor, untuk customernya di sana," ucap Putu di kantor Kementerian Perindustrian di Jakarta pada Senin (6/1/2020).

Menurut Putu, pengusaha Afrika tersebut tertarik dengan AMMDes yang punya fungsi penyedia air, pengolahan kasava dan penanganan biji-bijian.

"Timnya Dangote akhir Januari ini akan mengecek tiga unit sample untuk dibawa ke sana," ungkapnya.

Ekspor mobil AMMDes direncanakan secara bertahap selama lima tahun. Untuk dua tahun pertama mulai tahun 2020 ini direncanakan sebanyak 1.000 unit.

"Mudah-mudahan tahun ini sama tahun depan itu bisa 1.000 (unit), bertahap selama 5 tahun," jelasnya.

Merujuk referensi dari Bloomberg, Dangote Group adalah perusahaan yang fokus bergerak di bidang industri seperti semen dan komoditas gula serta tepung.

Perusahaan ini memiliki daerah operasi di Nigeria dan jaringan di sejumlah negara di  Afrika. Termasuk Ghana, Benin, Kamerun, Togo, Zambia dan Afrika Selatan.

Aliko Dangote sebagai pendiri Dangote Group dikukuhkan sebagai pria terkaya Afrika, yang memiliki kekayaan senilai USD 4,3 miliar di tahun 2019.

Menjadikannya masuk dalam jajaran 100 pria terkaya dunia pada Bloomberg Billionaires Index. Semoga AMMDes dapat menarik minat pengusaha mancanegara lainnya. (anto)

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok