Rally Dakar 2020: Wow! Alonso Finish Ke-5 di SS3, Mengalahkan Mr. Dakar

Selasa, 07/01/2020 22:07 WIB

mobilinanews (Saudi Arabia) - Tak butuh waktu lama, mantan pembalap F1, Fernando Alonso mulai merangsek ke grup atas Rally Dakar 2020 di padang pasir Saudi Arabia.

Finish ke-5 pada SS3, Selasa (7/1/ 2020) menjadi bukti juara dunia F1 dan juara LeMans itu memang piawai di berbagai macam trek.

Menempuh jarak 427 km, Alonso melibasnya dengan catatan waktu 3 jam 54 menit dan 15 detik. Lebih lambat hanya 6 menitan dari Carlos Sainz sang mantan juara dunia WRC yang juga pernah mencicipi gelar juara Dakar.

Sainz menjadi juara di SS ini sekaligus menjadi pemimpin sementara kejuaraan umum.

Rekan setim Alonso di Toyota Gazoo Racing yang juga juara Dakar Rally 2019, Nasser Al-Attiyah finish di posisi kedua SS3 sekaligus juga menempati P3 kejuaraan sementara.

Meski P11 dan P5 di SS1 dan 3, posisi Alonso di kejuaraan umum masih berada di papan bawah akibat finish ke-63 pada SS2 akibat kerusakan mobil.

Tapi, pembalap top Spanyol itu tak peduli karena tujuan utamanya ikut Rally Dakar adalah sekadar fun dan bisa finish.

"Saya tak harus membuktikan apa pun di sini, selain mencoba untuk mencapai garis finish," katanya.

Menembus grup 5 Besar membuat nama Alonso langsung jadi buah bibir. Terlebih karena ia mengandaskan pereli unggulan yang juga pemegang 13 kali juara Dakar, Stephane Peterhansel.

Pereli Prancis berjuluk `Mr.Dakar` itu hanya mampu finish di posisi ke-7. Dari 3 SS berlalu ia belum pernah merebut posisi juara.

"Saya sudah ikut 21 kali Rally Dakar, tapi baru kali ini dinavigatori dengan bahasa Inggris. Rupanya hal ini sedikit masalah dalam komunikasi di kokpit. Saya harus membiasakannya," ucap Peterhansel.

Peterhansel kali ini didampingi navigator Paulo Fiuza (Portugis), menggantikan posisi Andrea yang tak lain adalah istri Peterhansel. (rnp)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid: MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap OnePrix 2024 Palopo : Insiden Sikut dan Dorong Oleh Riki Ibrahim, Akibatkan Pembalap Kehilangan Posisi, Harusnya Disanksi