Rally Dakar 2020: Mr.Dakar Raih Kemenangan Perdana, Alonso Naik 12 Peringkat

Kamis, 09/01/2020 08:33 WIB

mobilinananews (Saudi Arabia) - Akhirnya Stephane Peterhansel meraih kemenangan juga di Rally Dakar 2020, Saudi Arabia. Ia memenangi SS4 pada Rabu (7-1-2020), sekaligus bersaing di grup 3 Besar kejuaraan umum. Fernando Alonso, juara dunia F1 dua kali, kembali meneguk hasil positif.

Ini kemenangan pertama Mr. Dakar dalam 4 hari penyelenggaraan Rally Dakar 2020. Joki tim Bahrain JCW X-Raid dengan mobil Mini itu mengandaskan andalan tim Toyota Gazzo Racing, Nasser Al-Attiyah dengan selisih waktu 2 menit 26 detik. Mr. Dakar yang memegang 13 gelar juara Dakar ini ditemani rekan setimnya, Carlos Sainz, di kelompok 3 Besar finisher SS4.

Tercepat di SS4 membuat Peterhansel kini buka peluang besar membidik gelar juara kali ke-14. Dalam klasemen sementara kejuaraan ia bercokol di urutan 3. Di bawah Sainz yang masih memimpin lomba dengan dengan keunggulan waktu 3 menit atas Al-Attiyah dan 11 menit atas Peterhansel.

Sukses Alonso yang finish 5 Besar di SS3 tak berlanjut mulus di SS4. Menyusuri total jarak 672 km, pembalap flamboyan Spanyol ini hanya sanggup finish di urutan 13. Ia banyak kehilangan waktu akibat `kesibukan` memilih jalur karena banyak hamparan batu di sepanjang lintasan SS.

"Itu tantangan terbesar, banyaknya batu. Melelahkan dan menguras ketahanan mental," komentar Alonso.

Ia dan navigator Marc Coma cenderung ambil jalan aman karena trauma menabrak bongkahan waktu di SS2. Kerusakan roda dan suspensi pada saat itu membuatnya harus menunggu bantuan 2,5 jam di padang pasir.

Meski P13 di SS4, hasilnya positif di klasemen kejuaraan umum. Posisi Alonso yang sebelumnya peringkat 32 Besar, kini melonjak ke posisi 20.

"Sejauh ini masih oke. Besok (SS5) menyusul tantangan lain, bukit pasir," katanya. (rnp)

TERKINI
PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat GAC Aion V Generasi ke-2 Siap Tampil di Indonesia, Terlihat Macho dan Semakin Canggih