Aprilia Tanggapi Skorsing Iannone, Tengah Siapkan Calon Pengganti

Kamis, 09/01/2020 16:31 WIB

mobilinanews (Italia) - Andrea Iannone kena kasus doping sejak Desember lalu. Sementara dihukum FIM tak boleh aktif di semua ajang balap motor.

Padahal, tes pra musim segera berlangsung di Sepang. Apa antisipasi pabrikan Aprilia? Bradley Smith, Jonathan Rea, Jorge Lorenzo?

Bos Aprilia Massimo Rivola mengeluarkan pernyataan resmi kali pertama sejak kasus tersebut.

Dalam wawancara dengan Gazetta dello Sport ia menegaskan akan menunggu keputusan final FIM yang dalam waktu dekat akan memeriksa urine sample B milik Iannone.

Pihaknya berada di samping Iannone sepanjang belum ada hukuman resmi.

`Namuin, soal peraturan, bagi Aprilia adalah sesuatu yang sakral. Legalitas menjadi benteng kami. Kami mendukung Andrea karena kami tak pernah meragukannya," ucap Rivola.

"Tapi, kalau ia terbukti lakukan doping maka ia harus membayarnya."

Belum jelas seperti apa nasib Iannone selanjutnya. Tak ingin terkesan ikut menyahkan sider-nya sebelum putusan, satu-satunya yang bisa dilakukan saat ini adalah mempersiapkan Bradley Smith sebagai joki pengganti.

Ini lebih aman ketimbang mencari pembalap baru, karena mantan pembalap Yamaha Tech3 kini menjadi test rider Aprilia.

"Smith pilihan yang paling memungkinkan. Pada saat ini tak banyak pembalap yang siap diambil. Pada enam bulan lalu ada Jonathan Rea (juara dunia SWBK) yang bisa jadi opsi. Dengan sukses masa lalu bersama, Jorge (Lorenzo, pembalap Aprilia sebelum ke MotoGP) juga bisa jadi solusi. Tapi, saya pikir, ia akan lebih memilih jadi tester Yamaha," imbuh Rivola.

Sample A milik Iannone sudah terbukti mengandung zat terlarang. Dalam waktu dekat sample B diperiksa sesuai permohonan rider Italia itu.

Jika terbukti lagi maka tamatlah riwayatnya di MotoGP karena hukuman berat sudah menanti. (rnp)

 

TERKINI
Wuling Resmi Buka Pemesanan Cloud EV di PEVS 2024, Harga Pre-book Rp410 Juta FIF Terima Fasilitas Pinjaman Berkelanjutan Senilai 60 Juta Dolar GWM dan Spirit Global di Ajang Beijing International Automotive Exhibition BYD Motor Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama Pembelian Lahan dengan Suryacipta Swadaya untuk Pengembangan Industri EV BYD