Rally Dakar 2020: Puji Alonso, Al-Attiyah Harap Button Ikut Turun ke Dakar

Minggu, 12/01/2020 18:50 WIB

mobilinanews (Arab Saudi) - Minggu pertama Rally Dakar 2020 Arab Saudi dilalui Fernando Alonso dengan memuaskan, tembus 16 Besar. Andai ia tak menabrak batu besar yang tersembunyi dalam pasir di SS2, bisa jadi ia kini berada di 4 atau 5 Besar.

Hasil itu dipuji habis juara Dakar bertahan, Nasser Al-Attiyah, yang menjadi tulang punggung tim Toyota Gazzo Racing yang menaungi Alonso. Dalam enam hari perjalanan sejauh ini, kata At-Attiyah, hanya sekali saja Alonso mengalami masalah. Selebihnya tampil oke, sama sekali tak memperlihatkan kalau juara dunia F1 2005-2006 adalah seorang rookie di kancah Dakar.

Menurut juara Dakar 2020 yang tadinya juga jadi driver regular di kancah WRC, itu menunjukkan kualitas Alonso di balik kemudi. Sekaligus menunjukkan kondisi fisik, mental, dan semangat juangnya yang layak diapresiasi.

"Ia sangat menikmati petualangan ini. Saya berharap eks pembalap F1 lainnya, Jenson Button, bisa ikuti jejak Alonso," ucap Al-Attiyah yang memprediksi Alonso bisa memperbaiki posisi dalam pekan kedua yang mulai pada Minggu (12/1) siang ini setelah libur sehari pada Sabtu (11/1).

Alonso sendiri mengaku makin percaya diri di balik kemudi Toyota Hilux besutannya. Ia juga makin paham memperlakukan mobil saat main di lintasan berbatu maupun perbukitan pasir.

"Itu semua berkat Marc (Coma) sebagai co-driver. Sebagai pendatang baru, saya sangat tergantung kepada pengalaman dan arahannya. Ia mengajari saya untuk melihat bentuk permukaan pasir, kapan harus melambat dan kapan harus bejek gas," katanya.

Masuk pekan kedua Alonso masih tak pasang target mulus selain finish pada 17 Januari nanti. Di Dakar, katanya, sangat sulit memprediksi segala sesuatunya di depan. Jika tak alami nahas seperti di SS2, posisinya bisa jadi naik ke peringkat lebih atas. Bukan tak mungkin menyodok masuk 10 Besar di akhir lomba nantinya. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag