Wow, Akan Ada Merek Mobil Cina Baru di IIMS 2020

Rabu, 15/01/2020 11:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pameran otomotif akbar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 akan digelar pada 9-19 April 2020.

Ajang yang kembali mengambil lokasi di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat ini telah memastikan sepuluh Agen Pemegang Merek (APM) mobil yang sudah menyatakan partisipasinya di IIMS 2020.

“Betul, per Januari ini sudah ada sepuluh APM Mobil yang confirmed,” ujar Rudi M.F., Project Manager IIMS 2020 kepada Mobilinanews ketika ditemui di kantor Dyandra Promosindo pada Senin malam (13/1/2020).

Kesepuluh APM yang dimaksud diantaranya Toyota, Hyundai, Wuling, DFSK, Suzuki, Mitsubishi, Mazda, Honda, BMW dan Mini.

Menurutnya masih banyak lagi  APM yang akan menyatakan keikutsertaannya, dimana saat ini masih berproses mengikuti kebijakan di internal masing-masing perusahaan.
 
Menariknya, pada IIMS 2020 akan ada kejutan berupa kehadiran salah satu merek mobil baru dari pabrikan Tiongkok yang akan ambil bagian.

“Ada salah satu brand baru dari Cina, sudah confirmed ambil di Hall B1, tapi belum bisa kami mention dulu,” ungkapnya.

Di Indonesia, saat ini sudah ada dua merek mobil asal Tiongkok yang telah eksis selama dua tahun terakhir dan juga sudah buka pabrik di dalam negeri, yakni Wuling dan DFSK.

Keduanya telah mendapat sambutan cukup baik dari konsumen Tanah Air, dibuktikan dengan angka penjualan yang terus bertumbuh signifikan.

Selain Wuling dan DFSK, sebelumnya dalam satu dekade terakhir di Indonesia, merek mobil Tiongkok yang tercatat pernah memasarkan produknya, adalah Chery, Great Wall, Changan dan Geely.

Namun kondisinya saat itu, keempat merek asal Tiongkok tersebut hanya mengimpor produknya secara utuh (CBU / Completely Built Up), tidak mendirikan pabrik di Indonesia. 

Pemasarannya pun hanya berlangsung singkat, karena tidak mendapat sambutan yang baik dari Konsumen Tanah Air.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, selain Wuling dan DFSK di Indonesia, ada dua merek yang cukup agresif memasarkan produknya, khususnya di kawasan Asia Tenggara, yakni BYD dan Geely.

Geely sendiri punya model SUV yang dipasarkan di Malaysia dengan merek lokal Proton, sementara BYD sudah pernah mendarat di Indonesia dengan model mobil listriknya yang dijadikan armada taksi oleh Blue Bird. 

Kira-kira, merek mobil Cina apa lagi ya, yang akan mencoba peruntungan di pasar otomotif Indonesia? Kita tunggu kejutannya di IIMS 2020. (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag