Terungkap, 2 Orang Terlibat Pelarian Mantan Bos Nissan Carlos Ghosn

Minggu, 19/01/2020 23:35 WIB

mobilinanews (Turki) - Kepolisian Turki mendapat temuan sosok orang yang membantu pelarian mantan bos Nissan Carlos Ghosn keluar dari Jepang.

Berdasarkan rekaman CCTV di Bandara Istanbul Turki, ada dua warga negara asing yang terpantau terlibat dalam memfasilitasi pelarian Ghosn.

Hasil laporan Anadolu Agency (AA) mengungkapkan gambar warga negara AS Michael T dan George Antoine Z asal Lebanon.

Keduanya terlihat sedang menyelesaikan proses keberangkatan mereka di pos pemeriksaan paspor.

Ghosn, yang ditempatkan di dalam kotak peralatan musik, dibawa dengan jet pribadi bernomor "TC-TSR" dari bandara Jepang pada 29 Desember dan tiba di Ataturk, Istambul pada pukul 5.30 pagi tanggal 30 Desember 2019.

Polisi mengatakan Ghosn turun dari pesawat di Istanbul dengan berjalan kaki dan dibawa ke pesawat lain dengan nomor ekor "TC-RZA" yang berjarak 40 meter, yang kemudian berangkat segera pada pukul 5:50 pagi.

Okan K, manajer perusahaan yang menyediakan transportasi untuk Ghosn dan ditangkap kemudian, juga dibiarkan sebagai penumpang di dalam pesawat yang sama. Dia kembali ke Istanbul pada pukul 10:15 pagi, ditemani Michael T dan Antoine.

Sebelumnya juga terungkap bahwa Michael T dan Antoine Z memasuki negara itu melalui operasi darat dan menuju ke bandara pada pukul 6 pagi, menyelesaikan proses keberangkatan mereka antara pukul 10:02 dan 10:04 dan meninggalkan Turki dengan Maskapai Lebanon.

Mereka menggunakan pesawat dengan nomor ekor "ME-0266."

Ghosn keluar dengan jaminan di Jepang atas tuduhan pelanggaran keuangan sebelum ia terbang ke Lebanon beberapa waktu lalu.

Carlos Ghosn sendiri memang merupakan warga Lebanon, namun ia juga memegang paspor Perancis dan Brasil. (adr)

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak