Jadi Sirkuit Gokart Terbaik, SIKC Hanya `Kalah` dari Macau

Rabu, 22/01/2020 20:17 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pengamat  gokart, orang tua pegokart dan pemilik tim Yongliek Santoso menilai bahwa saat ini kita memiliki sirkuit gokart terbaik sepanjang Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor berdiri.

“Menurut saya, SIKC yang sekarang ini adalah the best setelah dilakukan renovasi  total oleh pengelola (PT Sarana Lintasan Indonesia), sudah diinspeksi CIK dan siap dipakai untuk gelaran event gokart baik nasional maupun international,” ujar Yongliek kepada mobilinanews.

Jika pemilik tim TKM Racing ini memuji kondisi terkini SIKC, bukan karena ada interest tertentu, karena dia mengaku juga tidak memiliki hubungan khusus dengan pengelola SLI ini.

“Dengan sirkuit South Garda Lonato (Italia) maupun LeMans (Perancis), pun menurut saya masih kalah bagus  dengan SIKC, karena mereka adalah sirkuit tua dan lama. SIKC memiliki kelebihan selain habis direnovasi total, lay out trek sangat menantang dan ideal,” lanjut Yongliek.

Bahkan menurut dia, kalau hanya untuk menggelar round Asia Rok, IAME X30 bahkan AKOC pun terlalu kecil bagi SIKC.

Hanya saja, menurut ayah pegokart Kezia dan Keanon Santoso, SIKC masih “kalah” dari Kartodromo de Coloane Macau.

“Kalah di sini bukan semata fisik, melainkan karena sirkuit gokart di Macau itu hanya dipakai jika untuk sebuah event saja. Sehingga kondisinya sangat terawat. Dan bisa dimaklumi, karena itu milik pemerintah, biaya maintance gak perlu repot juga,” terang Yongliek.

Namun pengelola SIKC sekarang dinilai Yongliek juga sangat memperhatikan dengan baik kondisi sirkuit. Dan tidak terlalu berorientasi mencari keuntungan/komersial, dengan jika ada kerusakan langsung diperbaiki.

“Tentu bukan karena tidak butuh uang, namun sepertinya orientasinya bukan komersial. Melainkan memiliki idealisme dan passion untuk memberikan sesuatu yang positif dan terbaik untuk dunia gokart Indonesia,”  lanjut mantan pereli tersebut.

Maka itu, dia ikut mengimbau kepada komunitas untuk tidak terlalu attack jika SIKC ditutup untuk sementara karena lagi dilakukan perbaikan. 

“Kan untuk latihan, bisa di Paddock Sentul Circuit. Hanya untuk latihan sih. Perbaikan itu tentu untuk kebaikan kita semua,” tambah Yongliek yang menambahkan setelah dioverlay lintasan SIKC tidak lagi boros ban.     

Yongliek juga mengusulkan walaupun telah dilakukan juga oleh pihak pengelola, agar setelah dipakai event, SIKC ditutup untuk beberapa hari agar aspalnya tetap terjaga dengan baik. (bs)

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda