Sirkuit Formula E Monas Mulai Dibangun Februari 2020

Rabu, 29/01/2020 01:57 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Pembangunan sirkuit Formula E di Monas Jakarta akan dilakukan pada bulan Februari 2020.

Balap mobil bermesin listrik yang rencananya berlangsung pada 6 Juni 2020 disebutkan Deputy Director Communication OC Formula E, Hilbram Dunar akan segera dimulai pembangunan treknya.

Menurut Hilbram Dunar, penyelesain desain terus dilakukan untuk menyesuaikan dengan izin yang didapatkan dan aturan standard dari federasi balap mobil dunia (FIA).

"Sekarang kami sedang kerjakan dan diskusikan terus tapi di area Monas, yang nanti mau me-launching model sirkuit adalah Pak Gubernur (Anies Baswedan)," kata Gilbram kepada Tempo, Senin, 27 Januari 2020.

Selain menggunakan kawasan Monas, kata Hilbram, jalur balap juga akan memakai sebagaian Jalan Medan Merdeka.

"Ada yang melewati (Jalan Medan Merdeka) tapi tidak semua, itu rencana awal," kata dia.

Ia memastikan proses pembangunan Sirkuit Jalan Raya di Kawasan Monas tidak bakal menganggu lalu lintas secara signifikan. "Tidak terlalulah karena menggunakan (mayoritas) area dalamnya," ujarnya.

Pekan lalu, Hilbram mengatakan, tim dari FIA telah berkunjung ke Jakarta. Dari hasil pertemuan dengan tim FIA, kata dia, dibicarakan beberapa hal, di antaranya mengenai upaya promosi, mekanisme penjualan tiket, dan grand desain sirkuit.

"Untuk tiket, kami berusaha semaksimal mungkin bisa diakses dan balapannya bisa dinikmati oleh segala lapisan masyarakat," tutur Hilbram.

Hilbram optimistis proses pengerjaan sirkuit bisa rampung sebelum agenda balapan digelar.

Menurut dia, proses pembangunan yang dimulia Februari 2020 tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama karena hanya memoles jalan raya jadi sirkuit, bukan membangun di atas tanah kosong.

"Untuk detail berapa lama itu tergatung kompleksitas sirkuit itu sendiri tapi rencana tidak terlalu lama," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia  Sadikin Aksa mengatakan tim dari federasi balap mobil dunia (FIA) bakal meninjau kawasan Monas yang akan menjadi lokasi balap mobil Formula E.

Menurut dia, kedatangan FIA itu direncanakan pada akhir Januari 2020.

"Akhir bulan ini FIA bakal melakukan inspeksi bersama IMI di lapangan, berikut dengan desainer dan kontraktor," kata Sadikin.

Jakarta bakal menjadi seri ke-10 dari 13 seri ajang balap mobil listrik ini tahun ini dengan  6 Juni 2020. (Tempo, wan)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag