Auto2000 Dukung Pelestarian Seni Budaya Betawi di Cengkareng Timur

Kamis, 30/01/2020 13:25 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Kampung Berseri Astra (KBA) adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) Group Astra International (AI).

Berseri (Bersih, Sehat, Cerdas, Produktif) dari KBA fokus pada pengembangan kampung atau daerah tertentu secara terpadu.

KBA mengandung unsur empat pilar program CSR Group Astra, yakni Pendidikan, Lingkungan, Pengembangan Ekonomi Masyarakat (UMKM) dan Kesehatan. 

Dalam menjalankan program KBA, setiap unit usaha Group Astra memberdayakan KBA sendiri, seperti KBA Binaan Auto2000 yang berada di wilayah RW 11, Kelurahan Cengkareng Timur, Jakarta Barat.

Pembangunan KBA Binaan Auto2000 di Cengkareng Timur berawal dari peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cengkareng Timur pada tanggal 18 Februari 2016 yang merupakan donasi dari Astra International. 

Selanjutnya, Auto2000 sebagai dealer resmi Toyota terbesar di Indonesia melanjutkan program CSR di wilayah tersebut.

Wujudnya dengan merintis KBA Binaan Auto2000 untuk melakukan berbagai kegiatan masyarakat yang positif, salah satunya seperti melestarikan seni budaya Betawi.

Salah satu yang dilakukan Auto2000 dalam pelestarian budaya Betawi di KBA Binaan Auto2000 adalah mendukung kegiatan Silaturahmi Sanggar Betawi Kayu Besar (SSBKB) RW 011 yang sudah memasuki tahun ke-3 di tahun 2020. 

Untuk itu, seluruh sanggar seni budaya Betawi yang tergabung dalam SSBKB RW 011 melakukan perayaan ulang tahun dengan mengadakan acara Festival Budaya Betawi.

Festival ini mengambil tajuk “Silaturahmi Sanggar Betawi” RW 011 pada Sabtu–Minggu (25-26/1/2020) di lingkungan KBA Binaan Auto2000 di Cengkareng Timur.

Berkat dukungan penuh Auto2000, acara dapat berlangsung sukses, meriah dan mendapatkan sambutan luar biasa dari tamu undangan dan warga sekitar kampung binaan.

Acara yang diisi dengan pagelaran seni pukul Betawi, atraksi palang pintu Betawi, seni tarian Betawi, pertunjukan Lenong, hingga ceramah agama dan santunan anak yatim.

Kegiatan yang banyak melibatkan anak muda ini berhasil memupuk semangat kebangsaaan antar generasi untuk memperkuat ketahanan kebudayaan nasional, khususnya seni budaya Betawi, dalam menghadapi arus globalisasi.

“Sebagai bagian dari program CSR dan strategi Go Local Auto2000, kami selalu mendukung penuh seluruh kegiatan KBA Binaan Auto2000 di Cengkareng Timur salah satunya ialah pelestarian seni budaya Betawi,” jelas Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, Rabu (29/1/2020).

Harapannya, Auto2000 bersama KBA akan menjadi bagian dari entitas masyarakat yang mendukung upaya pelestarian budaya Indonesia secara berkelanjutan sehingga menumbuhkan kecintaan generasi muda pada budaya lokal. (anto)

TERKINI
F1 2024 Singapura: Dikeroyok McLaren dan Ferrari, Max Verstappen Butuh Keajaiban Untuk Menang di Marina Bay Ingin Beli Mobil Bekas Toyota Berkualitas, Minta Bantuan THS Inspector Auto2000 untuk Cek Kondisi Fisik MotoGP 2024 Emilia Romagna: Punya Celah Mengalahkan Francesco Bagnaia dan Jorge Martin, Begini Kata Marc Marquez Soal Perburuan Gelar Wuling Luncurkan Air ev Lite, Mampu Menempuh Jarak 300 Kilometer