Resmi, Jorge Lorenzo Balik ke Yamaha

Kamis, 30/01/2020 23:01 WIB

mobilinanews (Italia) - Isu panjang seputar Jorge Lorenzo menjadi test rider Yamaha akhirnya kenyataan. Juara dunia 3 kali itu kembali membesut M1  pada sesi shakedown test di Sirkuit Sepang, Malaysia, 2-4 Februari. 

Dari markas besarnya di Gerno di Lesmo, Italia, Kamis (30-1-2020), tim Monster Energy Yamaha mengumumkan Lorenzo sebagai test rider mereka untuk perkuat line up Yamaha di MotoGP.

Ia akan berkolaborasi dengan Silvano Galbusera sebagai komandan test programme. Eks kepala mekanik Valentino Rossi itu memulai peran itu sejak awal tahun ini setelah The Doctor memutuskan pakai chief mechanic baru.

Galbusera menjadi `jembatan` antara tim penguji dengan para insinyur Yamaha di tim pabrikan.

Lorenzo akan membesut M1 2020 untuk kali pertama pada kesempatan sshakedown MotoGP, sebuah sesi tes yang hanya boleh diikuti tester dan para rookie MotoGP pada 2-4 Februari.

Olahan teknis dari Lorenzo akan menjadi masukan buat Maverick Vinales dan Valentino Rossi yang menyusul lakukan tes pada trek sama pada 7-9 Februari.

Ia berpisah dengan Yamaha pada akhir musim 2016 setelah 9 tahun bergabung dengan koleksi 3 gelar MotoGP. Selanjutnya ia dua musim di Ducati dan setahun di Repsol Honda, sampai akhirnya putuskan pensiun pada akhir 2019.

"Saat mendengar rencananya pensiun, kami langsung tertarik menjadikannya tester. Statistik prestasinya selama 9 tahun di Yamaha sudah cukup membuktikan kapasitasnya. Ia paham betul soal M1 dan sangat dekat dengan keluarga besar Yamaha. Semua persyaratan menjadi tester ada pada pada dirinya," kata Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing.

Lorenzo sendiri mengaku senang dengan peran barunya di Yamaha.

"Semoga pengalaman saya bisa membantu para engineer dan pembalap Yamaha meraih kembali trofi kejuaraan," kata Lorenzo yang mengikuti jejak dua rekan seangkatannya, Casey Stoner dan Dani Pedrosa, menjadi tester selepas MotoGP.

Dalam rilis Yamaha yang diterima mobilinananews.com, disebutkan belum ada rencana untuk memberikan Lorenzo kesempatan ikut balapan 2020 dengan status wild card.

Tapi, kesempatan itu akan sangat terbuka. (rnp)

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh