Launching Repsol Honda 2020: Livery Terakhir Bersama Repsol?

Selasa, 04/02/2020 20:15 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Duet bersaudara Marc dan Alex Marquez tampil perdana dalam seragam sama, tim Repsol Honda. Penampilan perdana yang kelak bisa menjadi sejarah tersendiri dalam MotoGP, setelah kini membuat rekor satu-satunya pembalap bersaudara dalam sebuah tim MotoGP. 

Keduanya tampil menyertai acara peluncuran Honda RC213V di sebuah hotel kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Indonesia. Dua motor dengan livery 2020 dipajang di panggung. Itu bukan besutan Marc dan Alex untuk musim ini karena kabarnya yang dipajang adalah spek tahun lalu. Yang full 2020 sudah berada di Malaysia dalam rangka tes pra musim pada 7-9 Februari 2020.

Dari penampilan luar, livery RC213V versi 2020 tak ada perubahan signifikan dibandingkan model pendahulunya. Warna khas Repsol Oil selaku sponsor utama sejak 1995 tetap dominan. Sedikit perbedanmungkin akan tampak saat tes mendatang, saat versi 2020 mengaspal perdana di Sirkuit Sepang. Kabarnya Honda akan memboyong perangkat aero baru untuk diuji.

Untuk jeroannya, pastinya Honda sangat percaya diri untuk tidak lakukan perubahan dari mesin 2019. Terlebih karena tak ada perubahan regulasi pada 2020. Dan, terlebih lagi, mesin itu sudah terbukti andal di semua bagian sirkuit, termasuk mengimbangi Ducati di trek lurus. Dengan mesin ini, Marc tampil jumawa tahun lalu dengan memborong 12 kemenangan dari 19 race, plus 6 posisi runner-up. Satu-satunya podium yang tak dinaikinya adalah GP AS di Texas, karena jatuh saat race.

Dominasi itu membuat Marc tak perlu merengek apa-apa ke Honda untuk pengembangan musim 2020. Itu diakui Marc saat acara launching. 

"Kami lakoni musim ini sama dengan yang kami lakukan tahun lalu. Hanya saja musim ini mungkin akan lebih berat karena rival mempersiapkan diri lebih kencang untuk mengalahkan kami. Target saya jelas, mencapai prestasi terbaik yang bisa didapatkan," ucap pemegang 6 trofi MotoGP yang mengaku tak sabar menanti balapan musim ini.

Untuk sang adik, Alex, kembali ia ulangi ucapan terdahulu bahwa target realistisnya adalah menjadi Rookie of the Year 2020. Target yang di atas kertas sangat mungkin diraih karena rookie lain hanya Brad Binder dan Iker Lecuona yang membesut KTM.

"Namun yang paling penting adalah saya harus secepatnya banyak belajar dan berusaha meningkatkan diri tahap demi tahap," kata juara dunia Moto2 2019 itu yang mendadak masuk tim Repsol Honda karena Jorge Lorenzo juga mendadak mundur dari tim ini.

Di luar acara launching 2020, sejak akhir musim lalu sudah berhembus isu kalau livery kali ini adalah kali terakhir buat Honda. Repsol yang jadi title sponsor sejak 1995 dikabarkan akan pisah di akhir musim 2020. Shell disebut-sebut sebagai kandidat pengganti.

Itu barulah isu. Karena itu mungkin Honda merasa tak perlu menanggapinya karena memang masih terlalu dini untuk dibahas terbuka. (rnp)

 

TERKINI
NETA Auto Indonesia Kasih Testimoni First Impression NETA V-II di Acara NETA Customer Gathering 2024 Motor Ikonik Honda Super Cub C125 Tampil Dengan `Baju` Baru Lexus LX 600: Pertunjukan antara Kemewahan dengan Performa Superior di Kelas SUV Harley Davidson Model Heritage Classic 114, Melangkah ke Masa Lalu dengan Gaya Masa Kini