WRC 2020: Tak Jadi Dibatalkan, Rute Rally Swedia Dipotong

Rabu, 05/02/2020 19:55 WIB

mobilinanews (Swedia) - Lega sudah perasaan fans dan penyelenggara Rally Swedia. Tadinya event itu sempat terancam batal akibat cuaca yang melelehkan hamparan salju dan es. Inspeksi FIA pada Rabu (4-2-2020) hasilkan keputusan sebaliknya.

Sepekan terakhir komunitas reli dunia harap-harap cemas. Tak seperti biasanya, cuaca kali ini di Swedia dan sebagian Norwegia yang jadi ajang reli tak selalu dingin dan bersalju.

Tiba-tiba hangat dan melelehkan hamparan salju, bahkan es yang ada. Padahal kondisi itulah yang membuat Rally Swedia menjadi salah satu seri yang dinanti-nanti penggemar dan peserta reli dunia.

Tak hanya salah satu ajang reli tertua (sejak 1950), Rally Swedia juga satu-satunya jalur salju/es dalam kalender reli dunia.

Uniknya, justru pada trek ini para pereli bisa kembangkan speed hingga titik maksimal. Di beberapa titik bahkan menghasilkan aksi jumping yang tinggi dan jauh.

Kecemasan itu semakin jadi ketika event pendukung Rally Sweden Historic yang harusnya digelar minggu ini harus dibatalkan karena alasan sama. Lintasan tak dilapisi es sehingga tak mungkin dilibas karena menjadi trek offroad.

"Kini kami merasa lega. Fans tetap bisa menikmati salah satu reli spektakular ini, baik yang datang maupun lewat siaran langsungnya," ujar CEO Rally Sweden Glenn Olsson.

Dalam beberapa hari terakhir delegasi FIA memantau langsung situasi di lapangan. Dalam inspeksi terakhirnya, utusan FIA Timo Rautiainen merekomendasikan reli bisa tetap berlangsung pada 13-16 Februari 2020.

Hanya saja rute sedikit berubah. Jarak tempuh total yang tadinya 1.296,87 km berkurang sebanyak 180 km.

Ronde kedua 2020 FIA-World Rally Championship ini tetap hadirkan 19 Special Stage (SS), termasuk power stage yang selalu menggoda para fotografer mencari momen menawan.

Thierry Neuville (Hyundai) saat ini memimpin kejuaraan dunia 2020 seteleh juara di seri pembuka, Rally Monte Carlo, bulan lalu.

Potensi memperkokoh posisi di puncak klasemen sangat, karena Swedia salah satu trek favorit  driver asal Belgia . Ia juara musim 2018 dan podium 3 pada 2019. (rnp)

 

 

TERKINI
NETA Raih Penghargaan `Favourite Car Brand Launch` Untuk NETA V-II di PEVS 2024 MMKSI Relokasi Diler Mitsubishi Motors SUN Malang Kota, Lebih Lengkap dan Nyaman "King Umar" Pembalap Terbaik Indonesia di TCR Asia Series 2024 Round 1 Sepang Malaysia, Ini Sederet Prestasinya GIIAS 2024 Jadi Pameran Terbesar, Ada 11 Hall Untuk Show Kendaraan Hingga Aftermarket