Indonesia Jadi Tuan Rumah AKOC 2020, Efek Renovasi Sentul Karting

Senin, 10/02/2020 16:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Indonesia kembali menjadi tuan rumah kejuaraan gokart internasional yakni Asian Karting Open Championship (AKOC) 2020. Sentul Karting Circuit mengisi jadwal putaran perdana yang rencananya bakal dihelat pada tanggal 14-16 Februari mendatang.

Masuknya AKOC kembali ke Indonesia merupakan hasil kerja sama antara PT. Sarana Lintasan Indonesia (SLI) selaku pengelola Sentul Karting Circuit), RFT, serta Tanada Racing. Tak hanya itu, renovasi dan penyegaran fasilitas sentul karting juga merupakan salah satu faktor yang akhirnya membuat Sentul Karting kembali menjadi tuan rumah AKOC setelah absen 10 tahun sebagai venue penyelenggara. 

Seperti yang kita ketahui, di penghujung 2019 lalu, CIK-FIA selaku komisi tertinggi gokart di dunia telah melakukan inspeksi terhadap Sirkuit Sentul. Hasil inspeksi tersebut positif menyatakan bahwa Sirkuit Sentul berhak untuk menggelar ajang gokart bertaraf internasional.

“Kami selaku pengelola Sirkuit Sentul merasa senang bahwa Sirkuit Sentul bisa didaulat menjadi tuan rumah dari laga pembuka Asian Karting Open Championships 2020. Setelah beberapa waktu terakhir kami terus mengoptimalisasi sirkuit dan melakukan pengembangan, pada akhirnya Sirkuit Sentul bisa menjadi tuan rumah dari ajang bertaraf internasional," ujar Kemas Haikal selaku Direktur PT. SLI.

Ajang balap AKOC di Sirkuit Sentul akan diramaikan oleh belasan pegokart mancanegara, mulai dari Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Sri Lanka, China hingga Jepang. Saat ini tercatat sudah sebanyak lebih kurang 50 peserta yang akan ikut ajang AKOC.

Hal ini juga merupakan upaya yang terus dilakukan oleh pihak pengelola Sirkuit Sentul demi membuat Sentul menjadi wadah yang tepat untuk berkompetisi, tak hanya bagi para pegokart nasional, namun juga untuk para peserta yang berasal dari luar negeri.

Rifat Sungkar selaku Direktur RFT dan sosok yang peduli terhadap dunia motorsport Indonesia menyambut positif Sentul kembali menggelar ajang gokart internasional.

"Seperti kita tahu, gokart merupakan dasar dari olaharaga balap, sehingga para peserta yang rata-rata terdiri dari anak-anak hingga remaja ini bisa mendapatkan tempat yang layak untuk berkompetisi. Terima kasih untuk usaha dan kerja keras yang ditunjukkan oleh pihak-pihak terkait untuk membuat Sentul bisa menggelar AKOC 2020," ungkap Rifat. (adr)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh