Tsunehiro Kunimoto, Desainer Mitsubishi Xpander Yang Fenomenal (Bagian 2 Habis)

Rabu, 12/02/2020 22:20 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Tsunehiro Kunimoto menjelaskan jika Dynamic Shield bukan sekedar nama desain, namun lebih ke filosofi berkendara yang memberikan perlindungan bagi pengemudi dan juga orang lain di sekitarnya, dengan mempertahankan tampilan sporty dengan performa tinggi.

“Dynamic Shield itu dikembangkan dari warisan Mitsubishi yang sudah mengakar sejak dulu. Jadi filosofi saya membuat desain berdasarkan dari warisan tersebut dan menciptakan sebuah identitas dari Mitsubishi. Cara memperkenalkannya adalah melalui tampilan depan dari kendaraan kita," terang Kunimoto.

Bahasa desain Dynamic Shield telah dipergunakan di kendaraan-kendaraan baru Mitsubishi termasuk Xpander dan Pajero Sport serta Triton yang kini sangat populer di Indonesia.

Salah satu desain Kunimoto yang paling fenomenal adalah ketika ia mengembangkan Mitsubishi Xpander.

Menurutnya, pengembangan desain Xpander itu paling menantang karena benar-benar desain yang baru.

“60 tahun saya mendesain mobil, tapi proyek saya yang paling menantang adalah Xpander, karena benar-benar desain yang baru bagi Mitsubishi. Di mana setiap struktur membutuhkan inovasi dan sentuhan berbeda, sehingga ini pengalaman paling menarik bagi saya," tutur Kunimoto.

Menariknya lagi kalau biasanya mobil konsep dan versi produksi itu akan jauh berbeda, tapi tidak dengan Xpander yang saat masih berupa mobil konsep yaitu XM Concept.

Sangat sedikit perbedaan ketika masih berupa konsep dan saat sudah diproduksi massal.

“Biasanya mobil konsep dengan mobil produksi akan mengalami perbedaan signifikan tapi tidak  Xpander dengan XM Concept. Karena saya ingin menyamakan dengan strategi desain Mitsubishi. Saya tidak akan menunjukkan desain yang tidak masuk akal, tapi ingin menunjukkan yang benar-benar mungkin terwujud," tambahnya.

Kunimoto sedikit menambahkan kalau mobil konsep Mitsubishi e-Evolution akan kurang lebih sama seperti konsepnya. “Nanti lihat saja konsep e-Evolution akan jadi seperti apa”.

Menurut pria yang menyukai arsitektur ini memang tidak semua mobil konsep bisa diaplikasikan menjadi produksi massal.

Namun dirinya selalu berusaha menghasilkan desain mobil konsep yang tidak akan jauh berbeda dengan versi produksinya.

Yang pasti desain Dynamic Shield akan selalu hadir di setiap mobil baru Mitsubishi ke depannya, meskipun desain bisa terus berevolusi, namun filosofinya tetap sama.

“Seluruh kendaraan Mitsubishi akan diciptakan dengan perbedaan, tetapi filosofinya tetap sama baik untuk kendaraan kecil maupun besar, sehingga hanya dengan melihat tampilan luarnya saja, public bisa langsung kenal : ooo itu pasti mobil Mitsubishi," pungkas Kunimoto sumringah. (wan)

TERKINI
Hampir 100 Peserta Ikut Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang Dukung Pelari Perempuan, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Intip Cara Kartini Zaman Now Belajar Naik Motor yang Aman Bareng Honda MotoGP Spanyol 2024 : Federal Oil Apresiasi Podium Marc Marquez, Pembuktian Bersama Gresini Racing