Sempat Dilarang, Formula E Bakal Tetap Digelar di Monas

Jum'at, 14/02/2020 19:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Balap mobil listrik Formula E sempat ditolak  digelar di Monas Jakarta karena wilayah Cagar Budaya, ternyata kembali dibolehkan.

 Salah satu alasan yang membuat gelaran tersebut ditolak adalah karena sedang ada proyek revitalisasi dan termasuk kedalam area cagar budaya.

Tapi, baru saja tersiar kabar Formula E di Jakarta akhirnya telah resmi dinyatakan akan tetap digelar di Kawasan Monas, Medan Merdeka.

"Sudah mendapatkan izin dari Pak Prayitno (Mensesneg) selaku Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka," ujar Dwi Wahyu Daryoto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) pada preskon di Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Sebelumnya lokasi sirkuit Formula E Jakarta, sempat terganjal masalah izin dari Sekretariat Negara (Setneg). Melalui serangkaian proses, akhirnya izin diberikan untuk Formula E tetap berlangsung di kawasan ikon kota Jakarta tersebut.

“Kami berterima kasih atas keputusan tersebut, dan kami akan melakukan koordinasi secara berkelanjutan dengan semua pemangku kepentingan,” lanjut Dwi Wahyu.

Keputusan ini mendapat apresiasi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang telah mengupayakan datangnya balap Formula E ke Jakarta. 

Anies berjanji akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk pastikan semua fasilitas selesai sesuai jadwal.

Dalam waktu dekat, publikasi tata letak dan pembangunan sirkuit segera dilakukan di Kawasan Medan Merdeka.

 Ini menyusul studi lapangan yang telah rampung dilakukan Formula E Operations (FEO), dan tim perancang sirkuit dari Hermann Tilke didampingi tim Organising Committee.

OC memerhatikan dengan seksama poin-poin yang perlu diperhatikan sesuai dengan surat persetujuan dari Komisi Pengarah. Poin terpenting adalah penekanan Kawasan Medan Merdeka sebagai cagar budaya.

“Ada UU No 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya, harus kami perhatikan penuh dalam pembangunan sirkuit dan fasilitas lainnya,” tambah Dwi yang juga sebagai Chairman OC Jakarta E-Prix.

Jakarta E-Prix dijadwalkan digelar 6 Juni 2020, menjadi  satu dari 12 kota di dunia sebagai tuan rumah seri balapan mobil listrik musim 2019/2020 ini. (bs)

TERKINI
Halal bi Halal Nissan Terrano Club Sumbar Diselingi Mini Adventure Offroad Bajaj Menggebrak Pasar dengan Peluncuran Pulsar NS400, Jadi Produk dengan Ukuran Terbesar Adrian Newey Ternyata Bukan Pindah ke Ferrari atau Mercedes, Tapi Tim Ini Bakal Menampungnya Spesifikasi Seres E1, Peraih Penghargaan Most Affordable EV Car dalam PEVS 2024