Rally Swedia 2020: Evans dan Toyota Songsong Kemenangan Perdana

Minggu, 16/02/2020 10:41 WIB

mobilinanews (Swedia) - Pereli Wales Elfyn Evans di atas Toyota Yaris hampir pasti menjadi juara Reli Swedia, putaran ke-2 serial 2020 FIA-World Rally Championship yang menuju garis finish Minggu (16-2-2020) ini. Hanya nasib sial yang bisa menghambatnya. 

Tinggal SS (Special Stage) 18 yang tersisa hari ini dan start pada 12.18 waktu Swedia atau pada 18.18 WIB nanti. Sebenarnya ada dua SS, namun SS17 dibatalkan karena mencairnya salju di lokasi lomba. Ini kasus yang sejak awal jadi handicap penyelenggaraan lomba di daerah sekitar Swedia dan Norwegia.

Cuaca yang lebih hangat dari musim-musim sebelumnya membuat banyak salju atau es yang mencair. Sebelum SS17, terlebih dahulu pembatalan beberapa SS atau ditukar jadwalnya.

Evans yang menggber Toyota Yaris akan memasuki SS terakhir dengan keunggulan signifikan, 17,2 detik atas driver tim Hyundai Ott Tanak yang juga juara dunia bertahan (driver Toyota pada musim 2019). Dalam jarak SS18 yang hanya 21,19 km, maka nyaris tak mungkin buat Tanak mengejar ketertinggalan.

Hanya nasib sial semata, misalnya celaka atau kerusakan mobil, yang bisa gagalkan Evans meraih kemenangan perdana Toyota musim 2020. Sekaligus menjadi kemenangan kedua putra pereli kenamaan Inggris Gwindaff Evans itu di kancah WRC. Kemenangan sebelumnya diraih pada Rally Wales 2017 di atas Ford Fiesta WRC.

Faktor lain yang menguntungkan Evans adalah situasi Tanak sendiri yang sekarang berada di dalam kokpit Hyundai i20 WRC. Jelas sangat riskan dan nyaris mustahil jika ia ngotot mengejar 17,2 detik itu hanya dalam satu SS. Di sisi lain, ia kini sangat membutuhkan poin akibat DNF saat celaka di seri pembuka Rally Monte Carlo silam.

Maka, yang realistis adalah mengamankan posisinya sebagai runner up. Tanak nyaman di posisi itu karena pereli Toyota lainnya, Sebastien Ogier, sudah ia tinggal dengan jarak 11,6 detik di urutan ke-3.

Yang masih menarik dan kemungkinan fight hingga garis finish adalah Ogier dengan sesama pembesut Yaris lainnya, Kalle Rovanpera, pembalap muda Finlandia yang tengah bersinar. Ogier yang 6 kali juara dunia WRC kini harus berhadapan dengan Rovanpera yang baru berumur 19 tahun. Putra mantan pereli Harri Rovanpera ini hanya terpaut 0,5 detik dari Ogier. (rnp)

 

TERKINI
Sukses Gelar Porsche Sprint Challenge Indonesia, Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions Suzuki Address 125 2024: Skutik Matic Modern Bernuansa Klasik Yang Tampil Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok