Marquez di Honda Hingga 2024, Ducati Tunggu Kepastian

Kamis, 20/02/2020 18:36 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Resmi sudah Marc Marquez tetap di Honda hingga akhir musim 2024. Perpanjangan kontrak 4 tahun sekaligus baru saja diumumkan Honda Racing Corporation (HRC).

Rider Spanyol yang baru saja merayakan ulang tahun ke-27 itu direkrut Honda ke kancah MotoGP pada 2013 dan langsung menyabet gelar juara dunia, sekaligus rekor termuda.

Berbagai rekor the youngest lainnya dipecahkan Marquez. Hingga akhir 2019 dalam 7 tahun di Honda, MM93 sudah menorehkan 6 gelar juara MotoGP. Itu menjadikannya sebagai rider Honda tersukses sepanjang sejarah.

President HRC Yoshishige Nomura mengaku happy dengan tetap bergabungnya Marquez dengan Honda.

Apalagi kini ia dalam satu tim dengan adik kandungnya, Alex Marquez, yang baru dinaikkan dari level Moto2. Semuanya mulus.

"Kami sudah bicarakan kontrak baru sejak beberapa bulan lalu. Intinya kedua pihak sama-sama ingin tetap bersama dan terus meraih sukses. Saya sangat yakin kerjasama ini akan terus meraih sukses seperti yang sudah kami raih dalam 7 tahun ini," katanya.

Marquez pun nyatakan hal sama. Kepercayaan dan dukungan Honda sejak manggung di MotoGP yang membuatnya seperti saat ini. Karena itu ia sangat yakin dengan pilihan 4 tahun ke depan.

"Sejak tahun pertama saya sudah merasa sebagai keluarga dalam tim ini dan meraih sukses bersama. Ini yang ingin kami lanjutkan," katanya.

Kalau MM93 fix hingga akhir 2024, tak demikian halnya dengan sang adinda. Kontrak Alex hanya pada 2020 ini sebagai pengganti Jorge Lorenzo.

Untuk 2021 dan seterusnya tentu saja menunggu apa yang terjadi sepanjang musim ini.

Sebelumnya Yamaha sudah umumkan line up mereka pada 2021-2022, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Pabrikan Suzuki belum umumkan tapi sepertinya akan mempertahankan duet Alex Rins dan Joan Mir.

Tinggal Ducati yang masih tanda tanya. Setelah gagal membajak Vinales, pabrikan Italia ini harus menunggu hingga paro musim 2020 untuk tentukan factory riders mereka.

Duet saat ini, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Salah satu dari mereka, sepertinya Petrucci, terancam digusur oleh tiga nama yang sudah mengantri.

Mereka adalah Jack Miller dan Francesco Bagnaia (Pramac Ducati) dan Johann Zarco (Avintia Ducati) yang punya akses langsung ke pabrikan. (rnp)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh