Feeling Test: Ban Dunlop SP Sport LM705 Koreksi Kelemahan Kompetitor

Jum'at, 21/02/2020 13:30 WIB

mobilinanews (Cikarang) - PT Sumi Rubber Indonesia selaku produsen ban Dunlop di Indonesia menunjukkan keunggulan dan performa produk terbaru dari Dunlop SP Sport LM705.

Performanya dibuktikan melalui uji keunggulan ban (feeling test) di trek Central Park, Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (20/2/2020) oleh sejumlah media termasuk Mobilinanews. 

Ban diuji menggunakan mobil All New Toyota Camry yang dikemudikan oleh Morito-san, test-driver Dunlop asal Jepang didampingi instruktur dari Dunlop Indonesia. Kami dipersilakan untuk duduk di jok baris kedua.

Morito-san mendemonstrasikan pengujian pada sesi pertama dengan mobil yang sama, namun menggunakan ban kompetitor yang juga merek asal Jepang. 

Kemudian di sesi kedua, kami berganti mobil yang sama, namun sudah menggunakan ban Dunlop SP Sport LM705

“Saya yang tetap mengemudikan dua mobil dengan ban yang berbeda ini (tidak berganti driver) supaya driving style-nya tidak berubah,” jelasnya.

Pengujian meliputi Comfort Test atau uji kenyamanan dan Noise Test atau uji kesenyapan melewati jalan dengan rintangan ‘speed bump’ dan genangan air.

Pengujian ini untuk mengetahui kemampuan ban meredam getaran dan suara yang timbul ketika mobil melewati permukaan jalan tidak rata dan kasar.

Kemudian setelah melalui trek lurus pada kecepatan tinggi, dilakukan manuver High Speed Lane Change Test atau uji perpindahan lajur dalam kecepatan tinggi dan Stability test atau uji kestabilan.

Pola mengemudi yang agak mirip dengan drifting atau Gymkhana ini untuk mengetahui respon dan stabilitas ban ketika mobil melalui jalan yang berkelok. 

Sehingga mampu secara efektif menyerap kejutan dari jalan. Desain pola telapak dengan jumlah blok yang lebih banyak.

Serta jejak telapak yang lebih membulat akan membuat ban menyentuh jalan secara bertahap dari pusat ke arah luar.  

Sehingga mampu pula menyerap kejutan dengan lebih merata dan meredam getaran dari permukaan jalan.

Terbukti, kemampuan Dunlop SP Sport LM705 dalam meredam getaran meningkat secara signifikan dibanding produk kompetitor.
 
Kenyaman dan kesenyapannya lebih baik pada performa berkendara serta mampu meredam guncangan lebih baik.

Kesimpulan kami pada pengetesan singkat di trek yang dirancang khusus ini, feeling test ban Dunlop SP Sport LM705 mampu memberikan koreksi atas kelemahan performa dari ban kompetitor.

Ban ini cukup ‘worthed to buy’ bagi yang menginginkan performa ban di atas standar. (anto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap