F1 2020: Vettel Akhirnya Mengaspal, Gantian SF1000 Yang Sakit

Jum'at, 21/02/2020 19:46 WIB

mobilinanews (Spanyol) - Hari terakhir tes pra musim pertama Barcelona, Jumat (21-2-2020) akhirnya diisi Sebastian Vettel. Dalam dua hari sebelumnya ia tak ikut ngetes besutan Ferrari SF1000 karena sakit.

Sayangnya, juara dunia 4 kali itu hanya tampil sebentar. Gantian mobilnya yang sakit dan berhenti.

Hanya satu setengah jam. Vettel sama sekali belum puas muter-muter trek Catalunya, Barcelona, Spanyol, saat mobilnya terhenti di tengah trek.

Red flag berkibar, sesi tes berhenti sementara untuk singkirkan itu SF1000 yang mogok mendadak.

Tak lama kemudian Ferrari mengeluarkan statement bahwa ada masalah teknis pada mesin SF1000. Masalah itu tak tertangani membuat Vettel hanya menunggu sesi tes siang (atau sore WIB) selesai tanpa turun kembali ke lintasan.

"Apa yang terjadi akan dianalisa di pabrik. Kami bawa mesin cadangan. Sebastian akan kembali ke lintasan pada sesi sore (malam ini WIB)," imbuh Ferrari dalam keterangan tertulisnya.

Ferrari menegaskan mesin mobil tak mati mendadak tapi tim yang minta Vettel berhenti dan matikan mesin karena terdeteksi ada masalah.

Sebelumnya Vettel menambahkan keterangan rekan satu timnya, Charles Leclerc, bahwa fokus The Prancing Horse dalam tes perdana ini bukanlah speed atau lap times.

"Yang utama saat ini adalah merasakan apa yang bagus dan tidak bagus pada mobil. Secara umum lebih baik, kami selangkah lebih maju dalam area tikungan," katanya.

Driver Jerman itu tak memasalahkan Ferrari yang tak berada di level atas catatan waktu dalam dua hari tes sebelumnya. Karena itu tadi, fokus tim bukan pada lap times.

"Ini masih sangat dini dan masih banyak waktu. Kami punya beberapa properti baru dalam mobil. Tentu tak semua perlengkapan kompetisi Anda dibuka pada sesi tes. Bagaimana sesungguhnya SF1000 hanya akan diketahui di Melbourne (seri pembuka GP Australia, 15 Maret)," imbuhnya.

Demikian kata Vettel. Tapi, pasti tetap menarik seberapa cepat ia bisa melaju di atas SF1000. Terlebih karena tes tahun lalu di trek sama ia adalah pembalap tercepat. (rnp)

 

 

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh