Suzuki XL7 Jadi Low SUV Paling Murah di Kelasnya

Senin, 24/02/2020 09:05 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pasar Low SUV di Indonesia kembali menggeliat setelah Mitsubishi melahirkan varian Xpander Cross jelang akhir tahun lalu (12/11/2019).

Kemudian, di segmen yang sama awal tahun 2020 ini dibuka dengan model baru dari Suzuki, yakni XL7 yang mengambil basis dari New Ertiga (15/2/2020).

Sebelumnya, di kelas Low SUV berkapasitas tujuh penumpang ini sudah dihuni Honda BR-V yang lebih dahulu eksis selama beberapa tahun.

Jangan lupa, di segmen ini pun telah lama hadir duet Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang posisinya cukup kokoh mendominasi pasar.

Menjadi menarik lantaran kehadiran Suzuki XL7 di segmen Low SUV ini ditawarkan dengan harga yang bisa dibilang paling murah di kelasnya.

Suzuki XL7 dihargai mulai dari Rp 230 juta untuk varian Zeta transmisi manual (MT), varian Beta MT seharga Rp 246,5 juta dan Rp 257 juta untuk transmisi otomatis (AT). Paling mahal yakni varian Alpha AT di harga Rp 267 juta.  

Saat ini Honda BR-V dijual di rentang Rp 248,9 juta hingga Rp 291,3 juta untuk varian paling mahal. Sementara Toyota Rush dibanderol mulai Rp 251,65 juta sampai Rp 273,05 juta untuk varian tertingginya, TRD Sportivo. 

Lalu ada model MPV Crossover yang juga belum lama diluncurkan dan ada di segmen bersentuhan, Mitsubishi Xpander Cross. Harga terendahnya Rp 270,7 juta dan varian tertingginya mencapai Rp 289,7 juta.

“Jadi, ini memang salah satu strategi pricing kami,” ujar Donny Saputra, Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales, sesaat setelah sesi peluncuran.

“Pada intinya kami ingin memberikan tidak hanya model baru saja, tapi produk yang value for money juga untuk calon konsumen Suzuki,” tambahnya.

Dengan strategi harga ini, Donny menyebut Suzuki berupaya untuk bisa meraih 20 persen dari segmen medium SUV di Indonesia. 

Dimana target penjualan Suzuki XL7 dipatok sebanyak 2.000 unit per bulannya dari pencapaian pasar medium SUV yang saat ini bisa mencatatkan 10.000 unit.

Menurut Donny, pasar otomotif nasional tahun 2020 ini merujuk data Gaikindo diprediksi akan mengalami kenaikan hingga lima persen. Sementara di segmen SUV diperkirakan akan naik sampai dua persen. (anto)

TERKINI
GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Bocor, Motor Listrik TVS iQube Terbaru Akan Rilis Dengan Harga Rp 50 Jutaan, Berikut Spesifikasi Lengkapnya! Riding Clan of Classy, Ekspresikan Anak Muda Pengguna Yamaha Fazzio Hybrid di Surakarta Tekiro Adakan Servis Gratis di Kampus ITS Surabaya, Incar Terpelajar