Gokart : Konsistensi & Lonjakan Prestasi Qarrar Firhand di Awal 2020

Rabu, 04/03/2020 17:21 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Memasuki 2020, pegokart belia Qarrar Firhand (9 tahun) mencetak prestasi menjanjikan. Pada 3 event gokart international beruntun di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor, Al –begitu akrab disapa—selalu naik podium kesatu.

Seri 1 Kejurnas Eshark Rok Cup sekaligus round 2 Asia Rok Cup pada Minggu (9/2/2020), Al naik podium sebagai juara 1 kelas Cadet dan juara ketiga kelas Mini (satu kelas di atas Cadet).

Sepekan kemudian, round 1 Asian Karting Open Championship (AKOC) pada 16 Feruari 2020, pelajar kelas 3 SD Al Wildan International Islamic School 4 Lebak Bulus Jakarta Selatan ini bahkan mengejutkan publik balap Tanah Air.

Kerjasama apik antara Al dan sang manajer Faris Lutfi 

Al memborong podium juara 1 kelas Mini yang otomatis juara 1 kelas Cadet. Performance Al tampak berbeda dengan tahun lalu, kini makin galak dan agresif. Ia mengasapi belasan pegokart kelas Mini dari berbagai negara yang notabene 2-3 tahun lebih tua.

Timofey Mikhaylov (pegokart Malaysia keturunan Rusia), Nicos Sebastien Cawpeng (Filipina), Kimi Rae hingga Maalik Bintang Alisyahbana merupakan pegokart kelas Mini pun ditekuknya.

Kemudian seminggu berselang, pada round 1 IAME Asia Series pada 22-23 Februari 2020 di SIKC, tampak Al berusaha tampil dengan perform terbaik seperti pada 2 event sebelumnya.Terutama kesiapan fisik dan mental.

Namun disadari bahwa ini adalah event perdana Al menggunakan mesin IAME X30 yang tentu saja membutuhkan effort lebih. Toh, hasilnya Al kembali menyabet juara 1 kelas Cadet  7-9 tahun. Sedangkan secara overall menempati posisi 7.

 Dennis van Rhe melatih fisik dan mental berlomba Al

“Sudah cukup bagus untuk pegokart yang baru kali pertama memakai mesin X30. Dan, overall kami happy melihat progress Al hingga sejauh ini,” ujar Faris Lutfi, manajer tim Tanada Racing.

Ditambahkan Lutfi, apa yang telah dirintis selama 2 tahun terakhir untuk beradaptasi hingga serius menjalani latihan, baik di Indonesia maupun Italia, mulai membuahkan hasil. Perkembangan dan penjenjangan sesuai ekspektasi.

"Juara di kelas Kadet hingga meraih posisi ketiga kelas Mini, bahkan mencetak fastest lap di seri 1 Kejurnas Eshark Rok Cup adalah salah satu indikasi keberhasilan pembinaan terhadap Al,” terang Lutfi.  

Ayahanda Qarrar, Firhand Ali pun tampak banyak tersenyum melihat perkembangan putra bungsunya itu.

Quality time bersama ayah bundanya

“Target selalu bisa top three di kelas Mini tercapai pada 3 event international di SIKC. Malah bisa dibilang terlampaui, dengan Al berhasil menjadi juara 1 kelas Mini Rok pada event AKOC kan,” ungkap Firhand.

Tapi disadari Firhand yang dedengkot gokart tersebut jalan masih panjang untuk Al. "Usianya masih sangat muda, jadi ya memang harus step by step dalam membimbing Al. Memang kita harus sabar dalam membina Al, tidak bisa dengan instant,” imbuh Firhand.

Dennis Van Rhee, pelatih fisik sekaligus motivator pembalap pun kini ikut menangani Al secara penuh.

Dan sejak ditangani Dennis, Al makin confident, matang dan memiliki motivasi tinggi untuk memenangi kejuaraan gokart yang diikutinya.

Kebersamaan dengan official tim modal mencapai prestasi terbaik

Dennis yang pernah menangani Rio Haryanto mengaku senang melihat perkembangan Al. “Dia menjalani semua dengan benar. Termasuk saat mengikuti IAME Asia Series di mana Al baru pertama kali ikutan. Tapi improve-nya luar biasa,” ungkap Dennis.

Bisa finish ke-1 di kelas Cadet dan overall ke-7, menurut  Dennis  itu sudah bagus. “Tinggal selanjutnya kami akan atur ritme permainan Al agar lebih sabar di lintasan," terang Dennis.

Hasil impresif Al di 3 event gokart international di SIKC ini akan menjadi modal tersendiri bagi yang akan kembali berlatih dan mengikuti event di Italia dalam waktu dekat.

Putra bungsu pasangan Firhand Ali dan Aimaa Fatimah ini rencananya akan di Negara asal Pizza itu selama 7 minggu. (bs)

TERKINI
BYD Resmi Meluncurkan Sea Lion 07: SUV Pesaing Tesla Model Y PEVS 2024 : Motor Listrik Gesits untuk Semua, Cicilan Ringan dan Nggak Pake Uang Muka PEVS 2024: Keeway EV Hadirkan 5 Model Terbaru dengan Subsidi Besar, Awas Jangan Sampai Lolos Perluas Jaringan Pasar, Chery Akhirnya Resmi Buka Dealer di Karawang Jawa Barat