Gegara Corona Tak Lagi Ada Kebebasan di GP Australia

Rabu, 11/03/2020 19:12 WIB

mobilinanews (Australia) - Tiga orang anggota tim F1 masuk karantina karena terindikasi bawa virus Corona. 

Tak ingin membesar, berbagai pembatasan interaksi pembalap dengan publik pun langsung diberangus. Sesi foto bareng yang rutin digelar di awal kompetisi dihapus dan diganti dengan acara tanya jawab jarak jauh.

Tradisi Melbourne Walk yang jadi kesempatan penonton berjalan bareng pembalap di pitlane sembari foto-foto juga ditiadakan.

Yang paling ekstrem adalah tim Renault yang menaungi Daniel Ricciardo , sang local hero. Sesi jumpa pers mendadak dibatalkan karena tim tak ingin pembalapnya berinteraksi langsung dengan banyak orang lain.

"Kami harus menjaga dan melindungi pembalap kami. Mohon maaf atas hal ini," kata jubir tim Renault lewat rilisnya.

Biasanya para wartawan yang punya ID-card khusus juga bebas keluar masuk paddock, foto atau ngobrol dengan pembalap. Kini dibatasi, hanya boleh tanya jawab dari jarak lebih dari 2 meter. Beberapa tim malah sudah bentuk zona tersendiri yang dipisahkan tali pembatas.

Situasi GP Australia memang sempat geger karena 3 kru, masing-masing 1 dari McLaren dan 2 dari tim Haas, harus diisolasi di dalam hotel mereka karena menderita sakit yang gejalanya menyerupai serangan virus Covid-19.

Team Official McLaren membenarkan hal itu. CEO Australian GP Andrew Westacott juga mengkonfirmasi hal sama sembari meminta semua pihak tak panik berlebihan.

"Bersama Fornula One Management dan FIA, kami sudah laksanakan langkah-langkah penanganan sesuai prosedur. Kami akan terus mencermati perkembangannya," katanya. (rnp)

 

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen