Hentikan Aktivitas Produksi, Nissan Komitmen Maksimalkan Purna Jual

Sabtu, 21/03/2020 22:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Belum lama ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dikabarkan menutup fasilitas pabriknya di Tanah Air.

Meski belum ada keterangan resmi, dikutip dari Grid (21/3/2020), Hana Maharani, Head of Communication NMI menyebut pihaknya secara resmi telah menghentikan seluruh aktivitas produksi Nissan.

Kedua pabriknya yang memproduksi Nissan dan Datsun berlokasi di Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Hana menegaskan, bahwa penutupan pabrik ini tidak akan berdampak terhadap konsumennya di Tanah Air. Karena komitmen Nissan untuk tetap memberikan layanan purna jual terbaiknya.

"Sebenarnya tidak ada dampaknya ke konsumen, karen Nissan tetap ada di Indonesia dengan menyediakan beragam produk, melayani penjualan dan purna jual," ungkapnya. 

Menurutnya, langkah penutupan pabrik ini merupakan bagian dari rencana optimasi perusahaan yang mencakup right-sizing, optimasi produksi dan reorganisasi operasi bisnis. 

Bisa dibilang, saat ini mayoritas lini produk yang dipasarkan Nissan di Indonesia didominasi impor utuh (CBU / Completely Built Up) dari pabrik Nissan yang ada di negara lain.

Diantaranya, Nissan X-Trail dan New Serena yang didatangkan dari Jepang. Lalu ada Nissan Terra, March, Navara dan Juke yang juga diimpor dengan skema CBU dari Thailand.

Saat ini, hanya All New Nissan Livina saja yang diproduksi di Indonesia, memanfaatkan fasilitas pabrik merek aliansinya, yakni Mitsubishi yang juga memproduksi Xpander di Kawasan GIIC Kota Deltamas Cikarang, Jawa Barat. (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag