Mungkin Ini Tahun Terakhirnya, Valentino Rossi Mulai Cemas

Minggu, 22/03/2020 10:18 WIB

mobilinanews (Italia) - Sudah pasti terpental dari tim pabrikan Yamaha pada akhir tahun ini, hanya dua opsi buat Valentino Rossi. Menerima tawaran jadi joki tim satelit Petronas Yamaha Srt pada 2021 atau pensiun. 

Skenario yang sudah disusun Il Dottore adalah mengevaluasi beberapa race awal untuk menentukan apakah ia masih layak tarung di MotoGP dalam usia 41 tahun atau tidak. Jika masih kompetitif dengan tarung regular ke zona podium, berarti ia akan ambil opsi satelit karena sesungguhnya hanya pindah administratif semata. Kontrak dan semua fasilitasnya tetap dengan dan dari Yamaha.

Jika tak kompetitif, ya itu tadi, pensiun!

Kini ia mulai cemas tak bisa menjalankan skenario itu. Empat seri awal MotoGP 2020 sudah batal atau tertunda oleh virus Corona. Sejauh ini tak ada kepastian kapan dan dimana balapan bisa dimulai. Harapan terdekat GP Spanyol di Jerez, 3 Mei 2020, juga berpotensi batal jika persebaran Covid-19 masih menggila seperti sekarang ini.

"Pada bulan Mei ada tiga GP. Jerez, LeMans (Prancis) dan Mugello (Italia). Tak ada yang tahu akan seperti apa situasinya pada bulan tersebut. Saya khawatir semuanya tak bisa dilangsungkan," katanya. 

Kalau itu terjadi maka seri pembuka 2020 akan berlangsung di GP Catalunya, Spanyol, 7 Juni. Berarti semakin sempit waktu buatnya untuk mengevaluasi diri jelang keputusan penting untuk 2021.

Soal bagaimana masa depannya di MotoGP, sebenarnya ia tak terlalu cemas. Yang membuatnya cemas justru tak cukup waktu untuk meguji diri sendiri seperti rencana awal. MotoGP musim ini jelas tak mungkin menggelar 20 seri sesuai jadwal.

"Semakin banyak balapan tentu saya senang. Tapi, musim ini bisa menghelat 13 putaran (batas minimal kejuaraan dunia yang ditetapkan FIM) saja sudah bagus dan tidak masalah."

Ia akui cemas menunggu perkembangan MotoGP ke depan. Namun, yang paling mencemaskannya adalah wabah Covid-19 yang semakin mendunia, terlebih di negerinya sendiri yang semakin parah.

Itu sebabnya sejak pekan lalu sampai sekarang The Doctor giat menggalang dana membantu rumah-rumah sakit Italia yang kekurangan fasiltas medis akibat banyaknya korban. Ia sendiri sudah menyumbangkan beberapa respirator buat menambah fasiltas di RS Marche Nord di Pesaro. (rnp)

 

 

TERKINI
PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang dengan Penjualan 108 SPK, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh WahanaArtha Ritelindo Rayakan Hardiknas dengan Program dan Promo Spesial GIIAS 2024: Dorongan Konsisten untuk Industri Kendaraan Bermotor Indonesia