Kemenperin Terus Mendukung Industri Kendaraan Komersial di Indonesia

Minggu, 22/03/2020 16:33 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia terus mendukung perkembangan industri kendaraan komersial di Tanah Air.

Merujuk data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ekspor mobil pikap tahun 2019 tercatat meningkat sebesar 15%, yaitu 9.187 unit dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 7.957 unit.

Kementerian Perindustrian secara aktif terus mendorong industri otomotif di dalam negeri, khususnya produsen kendaraan komersial. 

Produksi kendaraan jenis bus, truk dan pikap pada tahun 2019 sebesar 241 ribu unit. Sedangkan, untuk penjualan jenis kendaraan tersebut di pasar domestik sepanjang tahun lalu mencapai 232 ribu.

Kendaraan komersial sangat berperan penting dalam membantu perkembangan infrastruktur dan pembangunan di Tanah Air,” ujar Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI dalam sambutannya di pameran GIICOMVEC lalu di Jakarta (5/3/2020).

Dikutip dari laman resmi Kemenperin, industri kendaraan komersial ini diharapkan berkontribusi dalam menyukseskan kebijakan-kebijakan pemerintah.

Salah satunya penerapan kebijakan Zero Over Dimension Over Loading (ODOL) yang akan berlaku efektif per 1 Januari 2023 dalam rangka meningkatkan keselamatan di jalan raya. 

Serta kebijakan penerapan standar baku mutu standar emisi Euro 4 yang akan berlaku efektif pada bulan April 2021 untuk kendaraan bermotor berbahan bakar diesel.

Pertumbuhan industri diharapkan sejalan dengan kebijakan yang ditetapkan pemerintah. (anto)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag