F1 2020: Seri Pembuka Geser ke Kanada, Negara Yang Batalkan Olimpiade

Senin, 23/03/2020 21:59 WIB

mobilinanews (Kanada) - Sudah 8 seri awal balap F1 2020 gagal digelar. Terakhir adalah GP Azerbaijan yang hari ini secara resmi dinyatakan batal oleh promotor lokal.

Event yang harusnya putaran ke-9 ini pun penuh tanda tanya usai Kanada menjadi negara pertama yang resmi mundur dari Olimpiade 2020.

Setelah Azerbaijan batal, harapan seri pembuka kini jatuh pada GP Kanada yang terjadwal pada 14 Juni 2020.

Tapi, sekali lagi, Liberty Media selaku pemilik ajang F1 maupun FIA selaku regulatornya sama sekali tak bisa menjami hajatan itu bisa berlangsung atau tidak.

"Perubahan terjadi begitu cepat. Tak ada yang bisa dipastikan ke depan. Kami hanya bisa berpikir menyiapkan kemungkinan dan alternatifnya," sebut CEO Liberty Media, Chase Carey, terdengar pasrah.

Berbagai pihak memang pesimistis Kanada bisa menjadi seri pembuka tahun ini setelah GP Australia, Bahrain, Vietnam, China, Belanda, Spanyol, Monaco dan Azerbaijan dibatalkan maupun ditunda.

Pasalnya, negara di Amerika Utara itu juga sudah terjangkit virus Corona dan dengan ketat membatasi kegiatan publik.

Per hari ini, Senin (23-3-2020), Kanada sudah punya 1.472 kasus virus Corona dengan jumlah meninggal 20 orang. Salah satu korban positif dan masih dalam perawatan adalah Sophie Trudeau, istri PM Kanada Justin Trudeau.

Karena terkait virus itu juga Kanada membatalkan keikutsertaan kontingennya ke Olimpiade Tokyo yang akan berlangsung pada 24 Juli mendatang.

Ini negara pertama yang resmi batal ke ajang olahraga terbesar dunia itu. Jelas menjadi sinyal Kanada tak akan ambil resiko dengan memaksakan gelar F1 di Montreal. Bisa jadi hanya tinggal pengumuman resminya.

Putaran F1 berikutnya setelah Kanada adalah GP Perancis pada 28 Juni 2020.

Mungkinkah ini yang akan mengawali kompetisi 2020? (rnp)

 

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda