Datsun Pamit, Nissan Jamin Purna Jual Hingga 10 Tahun

Kamis, 26/03/2020 11:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Beberapa bulan terakhir beredar kabar berhentinya produksi Datsun. Namun, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek sekaligus produsennya hingga kini belum memberikan pernyataan secara resmi.

Dikutip dari Bloomberg (24/3/2020), Isao Sekiguchi, President Director PT NMI menyebut, produksi Datsun telah dihentikan sejak Januari 2020. 

“Akhir dari produksi kendaraan adalah bagian dari rencana optimisasi yang mencakup pembenahan, optimalisasi produksi dan penataan ulang operasi bisnis,” jelasnya.

Menurutnya, sejumlah perubahan akan dilakukan untuk membangun basis operasional dengan memastikan profit yang konsisten dan berkelanjutan dalam jangka menengah. 

“Kami akan terus bekerja sama dengan mitra aliansi kami untuk memastikan manufaktur di Indonesia dan semakin meningkatkan merek Nissan dengan menghadirkan model-model baru,” tegas Sekiguchi. 

Dikutip dari Kompas, Hana Maharani, Head of Communication PT NMI menyebut, pihaknya tetap berkomitmen menyediakan layanan purna jual Datsun seperti ketersediaan suku cadang dan jaminan garansi. 

Menurutnya, konsumen Datsun bisa melakukan perawatan di bengkel Nissan dengan perlakuan, tetap sama layanannya seperti sebelumnya. 

Hana menyebut, ketersediaan spare part sama seperti mobil-mobil lainnya, hingga 10 tahun setelah berhenti diproduksi. 

Pantauan Mobilinanews, hingga kini jaringan outlet 3S Nissan masih mencantumkan logo Datsun di samping logo Nissan pada bagian muka bangunan fisiknya.

Datsun pun masih gencar mempromosikan unit barunya dengan tawaran cicilan mulai Rp 1 jutaan atau DP (Down Payment) Rp 16 jutaan dan kampanye layanan purna jualnya di laman resmi serta akun media sosialnya. (anto)

TERKINI
GWM Indonesia dan Ideafest Selenggarakan Diskusi Inspiratif Bahas Transformasi Industri Melalui Pengalaman Baru Hyundai Staria Hybrid, MPV Mewah dengan Teknologi Hybrid Unggulan Daihatsu Kumpul Sahabat Yang Disupport GT Radial, Ajak Pelanggan Setia Berbagi Kebahagiaan di Harapan Indah Bekasi Dealer BYD Cibubur Sebagai Salah Satu Flagship Dealer di Indonesia, Dilengkapi Fasilitas Lengkap