F1 2020: Tim Kecil Terancam Bangkrut, Liberty Dituntut Pakai Cara Ecclestone

Kamis, 26/03/2020 22:59 WIB

mobilinanews (Inggris) - Sudah 8 seri awal F1 2020 gagal dihelat. Menurut Helmut Marko dari Red Bull, tim F1 telan kerugian 100 juta USD atau dirupiahkan saat ini menjadi Rp 1,6 triliun setiap 5 seri yang gagal digelar. Jadi, kalau 8 seri tak dihelat berarti sudah rugi di angka lebih dari Rp 2 T. 

Kalau tim elit saja terganggu dengan kerugian itu, bagaimana dengan tim papan bawah?

Itulah yang kini diapungkan tokoh otomotif Inggris, David Richards, yang saat ini memimpin The Royal Automobile Club Motor Sports Association atau PP-PMI-nya Inggris. Mantan petinggi Prodrive, Aston Martin serta Team Principal BAR dan Benetton di kancah F1 itu melihat dua tim asal negerinya kini menghadapi ancaman bangkrut. Tak lain karena tertunda-tundanya kompetisi sementara pos pengeluaran di berbagai sektor tetap berjalan.

Ia menyebut tim itu adalah Racing Point dan Williams. Keduany abisa hilang dari peredaran F1 jika tak segera dibantu. Ia pun mendesak Liberty Media selaku promotor F1 untuk membantu finansial tim tersebut agar grid F1 tetap utuh. Menurutnya, itu yang dilakukan Bernie Ecclestone sehingga di bawah kepemimpiannya stabilitas dan imej F1 tetap terjaga.

"Menjadi sebuah bencana di F1 jika ada tim yang keluar dari grid. Pada masa kepemimpinan Bernie, tim-tim kecil selalu dijaga dalam masa-masa sulit. Saya berharap itu yang akan dilakukan Liberty Media. Mereka harus memahami akal sehat itu," katanya.

Menurut Richards pabrikan besar tak akan gulung tikar dan bisa melewati masa sulit ini. Beda dengan Racing Point dan Williams yang punya sumber dana terbatas. Ada bahaya yang mengancam operasional mereka.

Masalahnya, bisakah Liberty Media yang American Style meniru dan mempraktekkan langkah-langkah penyelamatan ala Bernie, pengusaha Inggris yang acap kontroversial? (rnp)

Race F1 2020 yang batal dan belum di-reschedule:

Race F1 2020 yang batal dan tidak akan di-resechedule:

 

 

TERKINI
Bagoes Hermanto Terima Penghargaan Porsche Motorsport Night of Champions di Shanghai, China Suzuki Address 125 2024: Merangkai Unsur Khas Motor Matic Klasik dan Modern dengan Elegan Sambangi Tempat Bersejarah, Wahana Makmur Sejati Ajak Media City Touring Pakai Honda Stylo GT Radial Dukung Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi di Harapan Indah Bekasi Esok