Kontrak Setahun Dengan Bayaran Lebih Kecil, Cara Ferrari Usir Sebastian Vettel

Sabtu, 28/03/2020 03:51 WIB

mobilinanews (Italia) - Semakin jelas kini Charles Leclerc adalah pembalap masa depan Ferrari. Driver senior Sebastian Vettel akan terusir sebagaimana isu yang terus berkembang.

Gosip terakhir, Vettel hanya ditawari kontrak setahun dengan gaji yang lebih kecil.

SkySport Italia mengabarkan berita terbaru dari sumber dalamnya di tim Italia itu bahwa Vettel sudah ditawari bertahan di Ferrari.

Tapi, hanya dalam durasi setahun dan dengan gaji lebih kecil dari sebelumnya. Ini seperti basa-basi. Sebagai cara halus Ferrari mengusir juara dunia F1 4 kali itu dari Maranello. Umumnya hanya pembalap `ecek-ecek` atau sementara yang dapat kontrak setahun di F1.

Sejak kedatangan Leclerc tahun lalu, keberadaan Vettel memang jadi goyah karena kalah bersaing dengan pembalap muda asal Monaco itu.

Pemimpin baru Ferrari, Mattia Binotto, pun cenderung berpihak kepada Lecrec. Buktinya, kontrak Leclerc justru diperpanjang hingga akhir tahun 2024 dengan bayaran per tahun 3 kali lipat dari sebelumnya.

SkySport Italia maupun thejudge13.com yang mengembangkannya tidak menyebut berapa angka yang ditawarkan Ferrari saat ini. Yang jelas selama ini driver Jerman itu menerima 35 juta Euro atau sekitar Rp 600 miliar per musim.

Sejak pertengahan musim lalu masa depan Vettel di Ferrari penuh tanda tanya. Apalagi sikapnya dalam tim juga jadi cemoohan tifosi Italia karena acap mengabaikan team order yang menjadi ciri khas Ferrari.

Ia sempat dikabarkan bakal pensiun dini atau tukar guling dengan Lewis Hamilton di Mercedes.

Belakangan namanya disebut-sebut akan berlabuh di tim McLaren atau Renault. Namun, ini juga meragukan karena kompetisi 2020 yang amburadul saat ini berdampak kerugian finansial yang besar buat seluruh tim.

Binotto sendiri berulangkali menyebut Vettel adalah prioritas menjadi pendamping Leclerc tahun depan. Ia yakin hubungan kedua pembalapnya baik-baik saja meski tahun lalu diwarnai sejumlah kontroversi.

Sebaliknya dengan Leclerc yang dua pekan lalu berkomentar, "Saya tak masalah berdampingan dengan Sebastian. Tapi, saya akan respek dan senang jika tim ingin perubahan dan membiarkannya pergi."

Jika merunut berbagai peristiwa di internal Ferrari belakangan ini, tulis thejudge13.com, bisa jadi tawaran kontrak setahun dengan bayaran mengecil itu benar adanya.

Dengan kata lain, itu adalah cara The Prancing Horse melepas Vettel karena besar kemungkinan Vettel menolak dan lebih menghargai diri dan prestasinya. (rnp)

 

 

TERKINI
Paguyuban Motor 4,5 Persen SiPalingPaham Turut Meriahkan The Distinguished Gentleman Ride 2024 di Jakarta: Kita Semua Sama Grup Motor Super Ugal Sunmori dan Kunjungi Warung Solo di Kemang: Parkirannya Luas Banget Bamsoet Hadiri HUT ke-6 Motor Besar Indonesia dan Resmikan Basko Auto Gallery di Jakarta Komunitas Toyota Hardtop Padang Gelar Aksi Sosial di Sungai Pinang, Pesisir Selatan, Membangun Sebuah Mushalla