Tips dari Astra Honda Motor untuk Perawatan Motor yang Tidak Digunakan

Senin, 30/03/2020 15:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Melihat kegiatan perkantoran yangdibatasi oleh Pemerintah Pusat terkait wabah virus corona, otomatis kendarana bermotor yang biasa digunakan harus diistirahatkan.

Meski harus diistirahatkan di garasi rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan agar performa motornya tetap maksimal ketika akan digunakan lagi nantinya.

Saran dari Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), ada baiknya motor yang tidak dipakai tersebut tetap harus dipanaskan mesinnya setiap hari.

”Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup,” terang Endro.

Dalam melakukan pemanasan mesin, tidak perlu lama-lama. Secara teknis, mesin tersebut harus berada pada titik 80 - 100 derajat celcius. Atau, bisa menggunakan patokan waktu selama tiga sampai empat menit, agar sirkulasi oli serta komponen mesin tetap terjaga dengan baik.

Di samping itu, beberapa komponen juga harus diberikan pelumas agar kinerjanya tetap mumpuni ketika digunakan nantinya.

"Beri pelumas bagian bagian yang cenderung/ berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya," pungkas Endro. (hf)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh