Lebih Mudah Dari MotoGP, Ini Syarat F1 Menjadi Kejuaraan Dunia

Jum'at, 03/04/2020 01:29 WIB

mobilinanews (Prancis) - Formula 1 belum menerbitkan jadwal baru meski 8 seri awal yang membentang dari Australia ke Azerbaijan sudah gagal digelar.

Padahal ini tahun pertama F1 melombakan 22 seri balap per musim. Jumlah yang tak mungkin terealisasi musim ini.

Dengan 8jadwal yang sudah terbuang dan tak jelas apakah bisa digelar pada jadwal lain atau tidak, relatif tinggal 14 seri yang masih terjadwal pada kalender awal.

Mengacu pada niat Liberty Media yang akan berjuang mempertahankan 15-18 putaran lomba musim ini maka dipastikan akan ada perubahan jadwal pada 6 bulan ke depan.

Itu kalau sukses. Sebab, kata bernie Ecclestone yang berpengalaman 40 tahun di F1, akan sulit menggelar balapan sekelas F1 dengan persiapan mendadak karena tingginya biaya penyelenggaraan.

Belum lagi soal penonton yang umumnya membeli tiket jauh hari sebelumnya, bahkan sejak beberapa bulan sebelumnya.

Beberapa pihak menyebut hampir mustahil mengejar 18 balapan biarpun jadwal kompetisi diperpanjang hingga Desember, bahkan sampai Januari 2021.

Lantas, jika nantinya hanya 12-14 seri yang bisa dihelat, apakah bisa diakui sebagai kejuaraan dunia?

Jawabnya, bisa.

Regulasi F1 mengatakan jumlah minimal kejuaraan dunia F1 adalah 8 putaran lomba. Itu jauh lebih kecil dibandingkan MotoGP yang syarat minimalnya 13 races.

Aturan lain menyebut, menjadi kejuaraan dunia  dengan syarat berlangsung setidaknya di tiga benua berbeda. Dari sisa jadwal yang ada maka ketentuan ini pun bisa dipenuhi karena ada jadwal di Asia, Eropa dan Amerika.

Itu saja. Tak ada syarat lain.

Bisa jadi karena itu Liberty Media tampak tenang saja meski bilang berjuang untuk dapatkan 15-18 seri namun sejauh ini belum tampak kemungkinan realisasinya.

Beda dengan Dorna Sport selaku promotor MotoGP yang langsung mengeluarkan jadwal yang direvisi, setidaknya untuk mengamankan syarat 13 ajang balapan itu. (rnp)

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Sirkuit Mandalika Lombok, Disambut Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh