Industri Otomotif Siap Produksi Ventilator Guna Bantu Pasien Covid-19

Senin, 06/04/2020 17:01 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Di tengah pandemi covid-19 di Indonesia, ketersediaan ventilator menjadi issue penting bagi tenaga medis dalam menangangi pasien covid-19.

Melihat kondisi seperti itu, Kementerian Perindustrian, mendorong industri otomotif di Tamah Air untuk memproduksi ventilator yang berguna sebagai alat bantu pernafasan pasien covid-19.

Hal ini telah ditegaskan Manteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, pemerintah meminta peran serta dari sektor industri otomotif ikut membantu menurunkan pasien yang terinfeksi virus yang mematikan ini.

"Sesuai arahan Bapak Menteri Perindustrian, kami telah meminta pelaku industri otomotif melalui Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), agar dapat memproduksi ventilator," ujar Putu Juli Ardika, Direktur Jenderal Industri, Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP).

Gayung pun bersambut, Ketua Umum GAIKINDO, Yohanes Nangoi mengharapkan pelaku industri otomotif mendapat pendampingan dari industri yang kompeten untuk memproduksi ventilator.

"Kami membutuhkan pendampingan, khususnya industri yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam pembuatan ventilator," jelas Yohanes, menanggapi instruksi Kementerian Perindustrian.

Sementara itu, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) siap menunggu arahan pemerintah terkait teknis memproduksi ventilator yang dibutuhkan.

Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala mengatakan, pihaknya yang membawahi 5 merek motor di Tanah Air butuh gambaran detail untuk melakukan produksi massal ventilator. (hf)

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag