F1 2020: Balap Tanpa Penonton, 85% Oke vs 15% Menentang

Senin, 20/04/2020 01:05 WIB

mobilinanews (Inggris) - Penggemar balap F1 yang kini DiRumahSaja sepertinya sudah tak sabar menunggu duel lanjutan driver muda Charles Leclrec (Ferrari) dan Max Verstappen (Red Bull).

Juga tak sabar menunggu bagaimana mereka melawan Lewis Hamilton (Mercedes) dalam perebutan titel.

Kesan itu tertangkap dari hasil sementara polling yang dirilis racefans.net yang dimulai sejak Minggu (19-4-2020).

Pertanyaannya: setuju atau tidak dengan gelaran balap tanpa penonton di sirkuit. Hasil sementara mencengangkan. Yang setuju mencapai 85%, sisanya ogah.

Seperti berita sebelumnya, FOM (Formula One Management) menyiapkan skenario balap tanpa penonton di sirkuit untuk mengakali kompetisi yang belum berjalan akibat pandemi Covid-19.

Salah satu poinnya adalah menggelar 3 seri berturut-turut dalam 3 pekan di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Trek itu dipilih dengan pertimbangan 7 tim F1 bermarkas di Inggris sehingga kendala transportasi dan logistik tak terlalu njlimet.

Sedangkan 3 tim luar Inggris (Ferrari, AlphaTauri dan Alfa Romeo) akan menyeberang ke Inggris dengan transportasi khusus.

Seluruh kru ketiga tim ini diinapkan khusus selama tiga pekan di hotel-hotel sekitar Silverstone agar lebih mudah bolak-balik ke sirkuit.

"Ini akan jadi hiburan tersendiri buat fans di seluruh dunia yang saat ini hanya mendekam di rumah. Mereka bisa melihat pembalap favoritnya berlomab lewat siaran langsung televisi," kata Managing Director FOM, Ross Brawn.

Belum apa-apa, gagasan itu justru dimentahkan oleh orang F1 sendiri. Sebastian Vettel (Ferrari) menyebut itu gagasan konyol.

"Tak ada yang mau balapan di depan bangku-bangku kosong," ucap Vettel, membayangkan tribun sirkuit yang kosong melompong sementara semangat tarung pembalap seringkali terpicu oleh gemuruh penonton di sepanjang lintasan.

Komentar Vettel jelas menohok FOM maupun perusahaan induknya, Liberty Media, yang sudah ngebet bikin balapan. Bukan tak mungkin opini Vettel akan berkembang.

Bisa jadi gara-gara soal ini racefans.net berinisiatif membuat polling terbuka. Fans F1 pun merespons dengan hasil angka di atas.

Dengan antusiasme sebesar itu akankah FIA dan FOM nantinya mampu `memaksa` pembalap berlaga di depan bangku kosong?

Menarik menunggu perkembangannya. (rnp)

 

TERKINI
Ribuan Peserta Balap Antusias Ramaikan HIDRONE2 HOGERS Indonesia F1 2024: Adrian Newey Sudah "Nyangkut" di Ferrari, Begini Komentar Lewis Hamilton dan Petinggi Red Bull Racing BFGoodrich dan Rawtyperiot Luncurkan Kolaborasi High-Performance Fashion F1 2024 Emilia Romagna: Menuju Sesi Kualifikasi, Charles Leclerc lebih Khwatirkan Angin Daripada Verstappen