F1 2020: Silverstone Sambut Balap Tertutup, Siap Untuk 2 Seri

Senin, 20/04/2020 18:31 WIB

mobilinanews (Inggris) - Silverstone, Inggris, menjadi pemegang rekor sebagai sirkuit pertama yang menggelar hajat F1 pada 1950.

Tak lama lagi, bisa jadi bakal menorehkan rekor baru sebagai sirkuit perdana menghelat dua seri F1 beruntun dalam dua minggu pada musim kompetisi yang sama.

Itu bisa terjadi jika otoritas kesehatan dan pemerintah Inggris mengabulkan niat FIA dan FOM untuk menggelar balap F1 tanpa penonton pada 19 dan 26 Juli 2020.

Konsep ini diambil agar bisa memulai kompetisi 2020 yang terganjal virus Corona yang belum satu race pun musim ini.

Ide ini ditampung pengelola Silverstone dan tengah dibahas detilnya bersama FIA, Liberty Media, dan perwakilan 10 tim F1.

Tadinya direncanakan menggelar 3 race beruntun. Namun pihak Silverstone menyetujui untuk melaksanakan dua race saja terlebih dulu.

"Kami mendukung upaya apa saja yang memungkinkan untuk memulai kompetisi tahun ini," tegas Direktur Pengelola Sirkuit Silverstone Stuart Pringle lewat laman SkySport.com.

Ia yakin tak masalah menggelar dua hajat besar berturut-turut dalam dua pekan karena punya SDM yang berpengalaman, punya kemampuan dan tinggal mengaktifkannya saja.

"Kami sudah ditanya soal ini. Jawabannya mutlak, kami siap!," tegas Stuart.

Ia menyebut pekerjaan menggelar dua event tanpa penonton itu relatif lebih ringan dari semestinya. Tak lain karena pihak sirkuit tak punya kewajiban membangun infrastruktur untuk mengakomodasi kepentingan publik.

Bila ini terwujud maka kali pertama balap F1 berlangsung di sirkuit tertutup tanpa penonton, pertama kali pula sebuah sirkuit menjadi tuan rumah beruntun dalam satu musim kompetisi.

Dalam format yang sudah dikemas FOM maka tak ada satu pun penonton yang akan masuk sirkuit. Isinya hanya pembalap dan awak tim. Fans hanya bisa menikmati balapan lewat tayangan langsung televisi.

Dalam situasi pandemi Covid-19 yang tak memungkinkan banyak orang berkerumun, konsep tanpa penonton adalah ide paling realistis untuk menggelar balapan.

Mari berharap saja itu bisa dilaksanakan. (rnp)

 

TERKINI
Honda Resmikan Layanan Bodi dan Cat Baru di Mitra Lenteng Agung Depok Jawa Barat, Perluas Layanan Purnajual Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta Begini Cara "Kartini Zaman Now" Belajar Mengendarai Motor yang Aman Bersama Honda