Akhirnya F1 2020 Menggelinding, Potensi 6 `Balapan Hantu` di 3 Sirkuit Eropa

Selasa, 21/04/2020 22:35 WIB

mobilinanews (Austria) - GP Austria pada 5 Juli 2020 berpotensi jadi seri pembuka F1 2020 lewat format tanpa penonton. Pemilik sirkuit Red Bull Ring dan pemerintah Austria sudah berikan lampu hijau.

Red Bull selaku pemilik sirkuit menyatakan kesiapan menggelar dua event balap tanpa penonton atau mulai disebut dengan istilah balapan hantu itu.

Penasehat Senior Red Bull Helmut Marko mengaku pembicaraan tengah berlangsung dengan pihak terkait seperti FIA dan promotor.

"Ini balapan hantu karena sirkuit kosong dari penonton. Tapi, sangat tepat di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Akan menjadi acara besar dan yang pertama terjadi. Fokusnya pada siaran langsung televisi ke seluruh dunia. Dalam karantina saat ini semua orang membutuhkan hiburan," kata Marko, sohib dekat Dietrich Mateschitz sang pemilik industri Red Bull.

"Ini sangat mungkin terjadi. Semua tanda-tandanya menunjukkan hal itu. Yang paling penting adalah memastikan siapa dan berapa yang boleh masuk sirkuit dan semuanya harus lolos uji kesehatan," imbuhnya seperti dikutip dari laman derstandard.at.

Protokol kesehatan itu prioritas karena saat ini Austria sudah punya 14.873 kasus Covid-19 dengan jumlah korban meninggal 491 orang. Pada saat event nanti diperkirakan larangan berkumpul masih berlaku.

Ia menambahkan pihak sirkuit siap menggelar dua seri balapan dalam sepekan. Termasuk pada pilihan waktu balap pada Selasa dan Rabu, bukan di akhir pekan saja karena memang tak mengharapkan kehadiran publik.

Optimisme Marko disokong oleh pemerintah Austria lewat menteri Olahraga Werner Kogler.

Sang menteri sebelumnya mengatakan tak akan menghalangi acara itu sepanjang sesuai dengan persyaratan seputar penanggulangan Covid-19.

Sebelum ini pengelola Sirkuit Silverstone, Inggris, mengatakan siap menggelar balapan tanpa penonton dalam dua seri.

Buat mereka yang berpengalaman itu bukan masalah rumit karena tak lagi perlu menyediakan infrastruktur publik.

Berita lain datang dari Barcelona bahwa Sirkuit Catalunya juga akan dukung balapan tanpa penonton itu agar kompetisi F1 2020 bisa menggelinding dengan jumlah seri yang lebih banyak. Mereka juga siap menggelar 2 race dalam waktu berdekatan.

Dengan demikian sudah ada 6 race awal yang akan mewarnai sejarah baru F1 sebagai balapan hantu. Setidaknya demikianlah harapan dan tampaknya realistis. (rnp)

 

 

 

 

TERKINI
Brand Kendaraan Listrik BYD, Pastikan Tampil di Ajang PEVS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta OnePrix 2024 Palopo Sulsel : Andi Gilang Crash, Hafid Pratama Sabet Juara Kelas OP1 Expert Race 2 MotoGP Spanyol 2024 : Francesco Bagnaia Pimpin Skuad Ducati, Kuasai Podium Juara OnePrix Palopo 2024 : Andi Gilang dari ART Yogyakarta Juara OP1 Expert, Diwarnai Hujan Deras dan Red Flag