MotoGP 2020 : Ini Mekanik Muda Yang Bikin Rossi Urung Pensiun

Senin, 27/04/2020 11:39 WIB

mobilinanews (Italia) - Belum resmi, tapi Valentino Rossi sudah memastikan tetap balap pada 2021. Masih penasaran, terlebih sejak David Munoz bersamanya.

Tahun lalu Rossi mempromosikan David Munoz menjadi kepala mekanik menggantikan Silvano Galbusera. Sekalian uji coba penampilan di beberapa seri awal untuk memastikan pensiun atau tidak di akhir musim 2020.

Sialnya tak ada balapan 2020 sejauh ini sementara Yamaha sudah tak sabar menunggu keputusan Rossi agar tak terlambat cari pengganti jika pensiun menjadi opsi.

"Ini bukan saat tepat tapi saya harus membuat keputusan. Saya pikir ambil semusim lagi adalah yang terbaik," kata Il Dottore.

Artinya, ia akan lanjut balap tahun depan meski gabung di tim satelit Petronas Yamaha Srt. Statusnya tetap rider pabrikan, fasilitas tak berubah, termasuk tim teknisnya.

Terkait tim teknis inilah alasan terbesar Rossi menunda pensiun. Terlebih untuk beri kesempatan unjuk diri buat David di kelas primer. Maklum, Rossi mengangkutnya dari level Moto2 dengan pengalaman sangat minim di MotoGP.

"Ia masih sangat muda sebagai kepala mekanik. Pengalaman minim. Tapi, ia punya ide-ide yang buat saya menarik. Tahun ini bisa jadi tak ada balapan. So, satu kesempatan buat kami hanyalah tahun depan," kata Rossi.

David bukan orang baru di lingkaran dalam Rossi. Teknisi berumur 40 tahun ini menangani tim Sky VR46 milik Rossi di Moto2. 

"Saya juga suka dengan cara kerjanya yang banyak diam. Tak banyak bicara tapi hubungan dan komunikasinya sangat baik dengan anggota tim lainnya. Intinya, saya ingin menguji banyak hal tahun depan bersama-sama," lanjut Rossi yang sudah melihat dan merasakan karya awal David pada saat tes pra musim.

Ia memang masih kalah kencang dalam tes dibandingkan Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. 

Tapi, menurut Rossi, set up M1 arahan David memberi hasil nyata dalam hal akselerasi dan kinerja roda belakang, dua hal yang dalam dua tahun terakhir menyulitkan dirinya. 

Sementara begitulah situasi dan pilihan The Doctor. Yang pasti ia urung pensiun.

Tapi, apakah benar di tim satelit atau tetap di pabrikan, bisa juga berubah jika musim 2020 sama sekali tak ada balapan.

Itu terkait dengan klaim pihak satelit yang menyebut kontrak 2021 akan memakai apa yang berlaku pada 2020. (rnp)

 

TERKINI
3.000 Lebih Konsumen Motor Honda Memilih Jadi Member Honda VIP Card Platinum Plus Hampir 100 Peserta Mengikuti Kompetisi Safety Riding Motor Honda Regional Jakarta-Tangerang, Ini Daftar Pemenangnya IMI Pusat Menyurati Ketua IMI Nusa Tenggara Barat Terkait Pembatalan MXGP 2024 di Sumbawa dan Lombok, Ini Alasannya Mendukung Pelari Perempuan Berprestasi, Mazda Jadi Official Vehicle Partner Women Half Marathon 2024 Jakarta