Alvin Bahar, Obsesi Raih Jurnas 10 Kali & Miskomunikasi

Selasa, 28/04/2020 20:33 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Pada sebuah kesempatan, terutama setelah meraih gelar juara nasional balap mobil ke-7 pada 2016, Alvin Bahar mengatakan kepada media bahwa dirinya berobsesi bisa mencetaknya hingga 10 kali.

“Tidak hanya kepada teman-teman media, sama Pak Jonfis Fandy (bos PT Honda Prospect Motor-HPM ) saat itu juga sampaikan hal sama. Tapi, kemudian terjadi miskomunikasi hingga sekarang hehe,” ujar Alvin Bahar kepada mobilinanews.

Miskomunikasi yang dimaksud adalah banyak orang kemudian menyimpulkan jika telah meraih gelar juara nasional balap mobil 10 kali, Alvin Bahar akan pensiun dari balap.

Avila Bahar (depan) dan Alvin Bahar (belakang) di sirkuit Sentul

“Padahal bukan begitu maksudnya. Ya, saya menyampaikan target dan obsesi kiprah saya di ajang balap mobil Indonesia. Tapi, bukan berarti setelah itu mundur sebagai pembalap,” ungkap putra mendiang pembalap mobil legendaris, Aswin Bahar ini.

Dan, anggapan itu pun berlanjut kepada manajemen HPM sekarang di bawah kepemimpinan Yusak Billy. Dipikirnya Alvin Bahar akan segera gantung setir setelah 10 kali menyandang jurnas.  

“Pada dasarnya, saya pembalap profesional dan masih ingin berprestasi. Jadi bukan berarti nanti 2 tahun lagi, misalnya saya menang terus dan menggenapkan 10 kali juara nasional, lalu pensiun hehe,” tegas ayahanda pembalap muda Avila Bahar itu.     

Meski begitu, Alvin Bahar menyerahkan semua kepada manajemen HPM dan Honda Racing Indonesia (HRI).

“Kalau misalnya nanti saya sudah tidak dibutukan sebagai pembalap atau diminta pensiun, kemudian menjadi mentor pembalap muda serta mengelola HRI, ya tidak masalah,” ungkap Alvin Bahar.

Namun disebutkan Alvin Bahar, bahwa fungsi itu sebenarnya telah dilakukan dengan baik selama ini.

Menangani HRI, jadi mentor pembalap muda serta sebagai penyelenggara Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) dan Honda Brio Speed Challenge (HBSC).

Alvin Bahar menjadi juara nasional balap mobil tahun 2004, 2006, 2007, 2008, 2014, 2015, 2016 dan 2019.

Kalau obsesi dalam jangka pendek dan menengah apa sob?

“Ya, mewujudkan bisa meraih gelar juara nasional 10 kali. Kan sekarang sudah 8 kali, berarti kurang 2 kali lagi dong,” senyum Alvin Bahar optimistis. (bs)      

TERKINI
WRC 2024 Portugal: Toyota Gazoo Racing Mainkan Duet Sebastien Ogier dan Kalle Rovanpera, Hyundai Munculkan Sordo Belkote Dukung Penuh JDM Funday 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit Lombok, Animo Tinggi Sportcar Jepang PEVS 2024: NETA Auto Indonesia Catat Prestasi Gemilang Cetak 108 SPK, Ini Fitur Unggulannya Wuling Cloud EV Raih Penghargaan The Most Tested Car di PEVS 2024, Segini Pesanan yang Diperoleh