Yusak Billy : Honda Fokus Efisiensi Bisnis & Pelayanan Untuk Konsumen

Sabtu, 09/05/2020 01:30 WIB

mobilinanews (Jakarta) - Ngovid (Ngobrol Virtual) FORWOT (Forum Wartawan Otomotif) bersama Yusak Billy selaku Business Inovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) dilangsungkan pada Jumat (8/5/2020) siang dengan moderator Ekawan Raharja (jurnalis Medcom).

Acara Ngovid FORWOT juga menghadirkan Yulian Karfili selaku Manager Public Relation PT HPM ini, berlangsung terbuka karena ada sesi tanya jawab dengan teman-teman media.

Dan yang menarik, Billy berbicara terbuka terkait penjualan yang boleh dibilang terjun bebas terkait serangan covid 19. 

Berikut petikan Ngovid FORWOT kali ini, dimulai dari opening Yusak Billy, dilanjutkan sesi tanya jawab, yang disarikan seperti berikut di bawah ini : 

Yusak Billy saat Ngovid bersama FORWOT

Opening Yusak Billy:

Senang sekali kita bisa ketemu lagi sama teman-teman, walaupun sekarang ini pakai online. Pertama-tama saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang berpuasa.

Sayang sekali, kita tidak bisa buka puasa bareng seperti biasa, mohon maaf karena situasi dan kondisi tidak memungkinkan. Kami harap silaturahmi bisa tetap berjalan, terimakasih buat dukungan teman-teman media selama ini. 

Kita tahu kondisi saat ini sulit, termasuk untuk industri otomotif ya. Tetapi tentu saja, kesehatan, safety dan healthy itu merupakan prioritas kami dan kita semua.

Oleh karena itu fokus kami, tetap hadir untuk konsumen kami, pelayanan bagi konsumen yang membutuhkan dan berkontribusi terhadap upaya menekan penularan virus ini supaya pandemi ini bisa cepat berakhir dengan tetap berada di rumah.

Kami percaya, peran media sangat penting untuk terus menyebarkan informasi yang berguna di masyarakat, termasuk bagi konsumen kami. Maka saya harap kerjasama dari rekan-rekan semua, supaya kita dapat bersama sampai pandemi ini berakhir. Semoga kita semua diberi kesehatan untuk menjalankan tugas pada saat situasi ini agar cepat berlalu.

Pertanyaan:

Kondisi HPM selama PSBB dalam melayani konsumen, apakah diler tetap beroperasi atau seperti apa, Pak Billy?

Selama PSBB ini, seperti diketahui ada 11 sektor masih bisa beroperasi ya. Mobil juga masih banyak di jalanan, dipakai. Kami ada beberapa diler yang sudah mendapatkan izin beroperasi dari Menperin. Itu sifatnya standby melayani konsumen, karena kita harus memastikan konsumen itu kendaraannya sehat untuk dipakai. Jadi bisa lakukan dengan home service ya. Kalau itu penangannya berat, bisa dilakukan dengan pick-up service.

Ekspor Honda Brio ke Filipina

Beberapa bengkel kami sudah dapat izin beroperasi, atau bisa juga menghubungi hotline service kami ya. Jadi itu yang kami lakukan.

Untuk penjualan itu, kami lakukan melalui media digital, bisa dilihat di website resmi, lalu untuk loyalis Honda bisa melihat dari IG, facebooknya, pemesanan bisa dilakukan melalui digital. Di beberapa market place juga sudah bisa dilakukan. Semua bisa dilakukan di rumah ya.

Pak, di website resmi, ada program free service utuk dokter Indonesia, itu seperti apa?

Di website resmi memang sudah diinfokan sejak awal Mei ini, merupakan apresiasi kami terhadap para dokter yang masih terus bepergian ke tempat kerja karena profesi mereka merawat dan menjaga kesehatan masyarakat. Untuk memastikan mereka dapat menjalankan aktivitas dengan sempurna, kami ingin membantu merawat mobil yang digunakan agar selalu sehat dan tidak ada kendala saat mereka dari rumah ke RS. Ini juga termasuk untuk kendaraan yang dimiliki oleh Rumah sakit ya mas. Program ini berlaku untuk dokter yang tergabung dalam IDI, dokter anak, dan dokter gigi, pokoknya selain dokter hewan.

Penjualan ritel berdasarkan Gaikindo, Maret turun diandingkan Februari. Nah ini di bulan April lalu, Honda bagaimana realisasi penjualan? Lalu bagiamana dengan target?

Sepertinya data ini belum diupload di Gaikindo ya untuk April. Memang berat di bulan April kemarin, jualan kami tuh hanya 18 persen dibandingkan tahun lalu. Jadi, turun sebesar 82 persen, atau penjualan kami tinggal 1.855 unit untuk ritel ya. Untuk wholesales, pencapaiannya hanya 10 persen atau 1.183 unit, dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Untuk ritel, Januari-April 2020 bisa mencapai 37.033 unit, atau turun sekitar 27 persen dibandingkan tahun lalu. Pencapaiannya tahun lalu (Januari April) 2019 itu, 50.457 unit. 

Masih mempertimbangkan ikut GIIAS 2020 apa tidak 

Jadi sangat berat ya, ritelnya turun 82 persen dan untuk wholesales turun 90 persen. Seperti kita ketahui aktivitas konsumen terbatas, lalu perekenomian turun sekali, jadi pencapaian kami seperti itu ya. Untuk total market saya pribadi belum dapat.

Sekarang fokus kami pada masa pandemi ini ada di aftersales. Jadi konsumen bisa dilayani dalam hal perawatan kendaraannya. Jadi kami lakukan home Serrvice, pick up service, dan jika perlu datang ke diler, nanti ada protokol kusus ya sesuai dengan aturan selama COVID-19. Fokus kami ke situ.

Di sisi internal kami, terus melakukan efisiensi proses bisnis juga sudah kami lakukan, termasuk di produksi, supaya stok unitnya sehat di setiap diler. Makanya di bulan lalu kami sudah menginformasikan sementara penghentian produksi, skarang kami perpanjang sampai akhir Mei 2020. Supaya menjamin stok sehat dan jangan suplai secaara berlebihan, karena kita tahu marketnya turun jauh ya.

Peluncuran mobil yang akhirnya ditunda atau bahkan dibatalkan?

Peluncuran selalu melihat kondisi pasar ya. Sekarang kondisinya sangat turun, enggak stabil dan berubah setiap saat. Kami melihat terus kondisi pasar terakhir, untuk memberitahu ada tidaknya peluncurannya.

Target penjualan?

Sekarang terlalu dini untuk bisa mengatahui pandemi selesai kapan, jadi kami fokusnya terhadap pelayanan konsumen dulu. Kami selalu meyesuaikan dengan kondisi terakhir. Gaikindo kan sudah merilis target, 600 ribu ya, tapi kayaknya turun lagi jadi 500 ribu. Setiap saat berubah kondisinya. Step by step ya, tidak bisa langsung juga targetnnya berapa.

Pabrik Honda sementara berhenti berproduksi 

Pak, soal ekspor dan impor kendaraan Honda?

Pada dasarnya untuk ekspor, walaupun berhenti sementara produksinya, kebutuhan ekspor sudah kami produksi di bulan April. Kami kan ekspor CBU ke Filipina dan Vietnam. Sekarang bulan Mei, ekspor sudah jalan lagi, planning awal di awal tahun belum mengalami perubahan. Untuk impor hanya memenuhi kuota pemesanan sebelumnya. Jadi kan ada launch Civic Hatchback, nah itu untuk beberapa bulan ke depan, masih sesuai planning yang ada. Jadi, sementara ini masih sesuai dan belum mengalami perubahan.

Soal rencana HPM ikut di GIIAS 2020?

Untuk GIIAS, nanti kami sedang bahas di internal soal keikutsertaan kami. Tentu saja kami dapat informasi, pameran ini tetap jalan di Oktober yang di BSD City, yang Surabaya lebih dulu di September, tapi Makasssar dan Medan dibatalkan. Sekali lagi untuk ikut serta atau tidak, lalu seperti apa, terus terang masih dibahas. Kami belum tahu pandemi ini seperti apa ke depan. Tapi kami selalu memantau kondisi terkini, lagi dibahas secara matang.

Peluncuran mengikuti kondisi pasar dan kondisi terkini, tidak bisa dibicarakan sekarang karena kondisinya masih sangat berubah setiap saat, belum bisa kami lakukan.

Strategi marketing, kami ada paket hemat untuk kendaraan kami seperti Brio, Mobilio, HR-V, BRV, Jazz, CRV, pembeliannya akan mendapat free service dan parts. Tentu ada syarat dan ketentuan yang nantinya bisa dicek. Untuk penjualannya itu, ada normal yang baru, semua orang di rumah, pemasaran sekarang kebanyakan via media digital.

Untuk pembelian digital Mobilio dan BR-V akan mendapat keringanan, besarnya berapa, bisa menghubungi diler kami. Penjualan digital kami sekarang meningkat ya, dulu di bawah 3 persen, sekarang mencapai 20 persen pada April 2020. Aftersales home service dan pick up service, kenaikannya cepat, April sudah mencapai 2 ribu unit.

Pak, itu penjualan ritel 20 persen kan digital, sisanya dari mana? Lalu model penopangnya apa?

20 persen digital, dari browsing, lihat website, sisanya ya loyalis Honda yang dihubungi oleh sales consultant kami. Sales menghubungi database yang dia punya dan menawarkan unit. Lalu offline di daerah yang belum ada PSBB, konsumen bisa melakukan pembelian.

Untuk modelnya, paling besar Brio ya itu di ritel 966 unit, setengah lebih dari Brio ya.

Honda Brio jadi tulang punggung HPM

Jika melihat data, 70 persen market itu wilayah yang terkena PSBB. Jadi ya kami memfokuskan untuk online, baik untuk penjualan maupun aftersales.

Ritel sales HPM per Maret 2020 menempel dengan Daihatsu, apa penyebabnya?

Di Maret terus terang LCGC kami nomor satu ya. Brio itu keunggulannya banyak sekali. Jadi ya kalau mau jual lagi atau upgrade masih bagus. jadi Brio nomor satu di kelasnya. Jadi mobil ini sangat kompetitif di kelasnya.

Soal mobil Listrik Honda?

Rilisnya kan sudah pernah ada dulu ya. Kami selalu mengikuti program dari pemerintah. Untuk modelnya apa, lihat dari kondisi pasar, apa sih yang paling pantas untuk diluncurkan di segmen kendaraan listrik ini. Kami punya banyak, mulai dari baterry, plug in punya, hybrid punya. Modelnya kami sedang bahas seara internal, yang paling cocock untuk kebutuhaan konsumen di Indonesia. Sembari melihat infrastruktur apa yang tersedia di Indonesia. 

Proyeksi untuk balap mungkin ada sedikit revisi

Home Service ini sudah ada sebelumnya apa baru diadakan?

Sebenarnya layanan ini dari dulu sudah ada. Cuma karena ada PSBB dan pandemi COVID itu, lebih diaktifkan lagi. Terus sekarang kan konsumen Honda agak keberatan untuk keluar, jadi kami push lagi untuk home service. Kalau kerusakannya lebih berat lagi kami jemput mobilnya. Jadi kami lebih proakfif sekarang. Tetapi sepertinya ini akan menjadi kondisi normal yang baru ke depannya, karena konsumen enggak perlu repot datang ke bengkel.

Diskon untuk mobil Honda?

Sekali lagi HPM tidak pernah menyebutkan soal diskon ya, tidak begitu. Karena kondisi normal yang baru ini, pembelian secara online, jadi kami dukung ya, konsumen bisa stay at home. Kami mendukung program pemerintah untuk stay at home, bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Kami tekankan, pembelian secara online ya, untuk Mobilio dan BR-V itu kan mobil keluarga, kami berikan keringanan dalam hal memiliki kendaraan itu. Berapanya dan apanya, bisa via diler terdekat, tetapi dengan via online ya pembeliannya. Jadi meringankan konsumen saat hendak membeli kendaran. 

Proyeksi HPM?

Kondisi masih berubah, jadi ini masih terlalu dini. Bagi kami, sekarang fokus dulu untuk beroperasi secara efisien dan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Kami berharap ini bisa cepat selesai, dan pasar bisa pulih secara bertahap. (bs) 

 

TERKINI
FIFGROUP Resmikan Kampung Berseri Astra, Binaan Pertama Di Kota Depok F1 2024: Max Verstappen, "Dibayar 250 juta Euro pun Tak Cukup Membuat Saya Pindah ke Mercedes" Begini Cara Mudah Melihat Kampas Rem Lewat Indikator Motor, Simak Tata Caranya! Wuling Raih The Most Popular EV Brand Dalam Penghargaan Listrik Indonesia 2024