Tips Mitsubishi: Do It Yourself, Periksa Kondisi Cairan Di Ruang Mesin

Minggu, 17/05/2020 20:35 WIB

mobilinanews (Jakarta) – Dalam situasi seperti sekarang ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyuguhkan berbagai program utama selama masa pandemi.

Diantaranya home service dan pick-up service, perpanjangan masa garansi (extended warranty), free service & smart package dan layanan emergency 24 jam.

Boediarto, Head of Technical Service & CS Support Department PT MMKSI, menyarankan pemilik mobil Mitsubishi untuk tetap melakukan perawatan kendaraannya. 

Mumpung di rumah aja dan mobil lebih banyak terparkir, ada baiknya periksakan kondisi cairan di ruang mesin agar tetap prima. Langkah ini bisa dilakukan sendiri oleh pemilik mobil alias Do it Yourself (DIY). 

Hal ini disampaikannya pada sesi Mitsubishi Media Virtual Press Conference via MS Team pada Kamis, 14 Mei 2020 pukul 15.30 wib.

Boediarto menyoroti kuantitas cairan yang diaplikasikan di mesin dan komponen pendukungnya untuk dijaga supaya tetap dalam kondisi prima.

“Isi oli mesin yang jumlahnya kebanyakan, efeknya ada di dalam crankcase atau ruangan di bawah, di karter pressure-nya jadi berlebihan, worse case oli seal bisa bocor,” ungkapnya. 

“Makanya di dipstick ada maksimum dan minumun yang harus diperhatikan, jangan kurang dan jangan lebih, kalo bisa dilakukan sendiri, tinggal dibuang olinya, kalo enggak bisa panggil teknisi dari bengkel resmi,” sarannya.

Air radiator, menurutnya jika belebihan juga akan mengalami overflow atau meluap hingga muncrat keluar. “Cairan panas muncrat ke ruang mesin akan susah dibersihkan karena ada cairan chemical,” jelas Boediarto. 

Brake fluid atau minyak rem juga disebutnya sangat kuat bereaksi. “Berlebihan engga boleh, kena cat aja bisa langsung mengelupas. Cara netralisirnya siram air sebanyak banyaknya yang terkena cairan itu,” tutupnya. Selamat mencoba. (anto)

TERKINI
Mandalika Radical Experience Diluncurkan di The Elite Showcase 2024 ICE BSD City, Siap Gelar 3 Seri Radical Cup Tips Agar Motor Irit Bensin: Pemeriksaan Tekanan Ban dan Pengaturan Beban F1 2024 Emilia Romagna: Starting Grid Berubah, Oscar Piastri Terlempar dari Front Row,, Ferrari Diuntungkan F1 2024 Emilia Romagna: Max Verstappen Pole Sitter, Raceday 63 Laps Bakal Sulit Ditebak